Jumat, 29 Maret 2024

WHO: Pasokan Medis di Afghanistan Menipis Terhalang Pembatasan di Bandara Kabul

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga berusaha menuju Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). Foto: Reuters/Stringer

Seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (24/8/2021) mengatakan, WHO hanya memiliki pasokan yang cukup untuk sepekan di Afghanistan setelah pengiriman peralatan medis dari luar negeri terhalang oleh pembatasan di bandara Kabul.

Badan PBB itu juga mengkhawatirkan pergolakan di Afghanistan dapat menyebabkan lonjakan infeksi virus corona, dengan pelaksanaan tes Covid-19 turun 77 persen dalam sepekan terakhir, kata pejabat kantor WHO untuk Mediterania Timur seperti dilansir Antara.

Pejabat tersebut mengatakan 95 persen fasilitas kesehatan di Afghanistan masih beroperasi, namun sejumlah staf perempuan belum kembali bertugas dan beberapa pasien perempuan takut untuk meninggalkan rumah mereka.

Pengiriman 500 ton lebih pasokan medis yang terdiri atas peralatan bedah dan paket makanan untuk penderita gizi buruk juga tertunda karena pembatasan di bandara Kabul, kata WHO.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs