Kamis, 25 April 2024

WNI di Korea Selatan Kirimkan Donasi ke Korban APG Gunung Semeru

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Penyerahan donasi dari Forkomasi Korea Selatan kepada pengungsi APGi Gunung Semeru diserahkan melalui PMI Korea asal Lumajang yang pulang kampung. Foto: Istimewa

Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Korea Selatan turut peduli pada penderitaan warga terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Hasil penggalangan donasi WNI yang tergabung dalam Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Indonesia (FORKOMASI) Korea Selatan, terkumpul uang sebesar Rp140 juta.

Bantuan itu disalurkan melalui mantan PMI Korea Selatan yang berdomisili di Lumajang langsung ke titik pos-pos pengungsian. Donasi itu diserahkan untuk pemulihan tanggap darurat yang dirupakan dalam bentuk barang kebutuhan pokok. Seperti sembako, mie instan, air mineral, dan bahan-bahan penunjang untuk kebutuhan dapur umum serta obat-obatan dan kebutuhan pengungsi lainnya.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kawan-kawan FORKOMASI Korea Selatan atas musibah APG Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang. Langsung kami distribusikan ke pos-pos pengungsian melalui teman-teman mantan PMI Korea yang berdomisili di Lumajang,” kata Gangsar Hernanto Ketua Forkomasi Korea Selatan via seluler dari Korea Selatan, Rabu (29/12/2021).

Gangsar atas nama Forkomasi Korea Selatan, sangat berterima kasih atas partisipasi rekan-rekannya di Korea Selatan maupun dari lintas organisasi yang telah bekerja sama meringankan beban dampak APG Gunung Semeru, kendati jauh dari tanah air.

“Sampai saat ini, donasi masih terus dihimpun untuk masa recovery. Kami bahkan sudah berencana ikut membantu pembangunan fasilitas umum untuk mempercepat pemulihan di daerah terdampak,” sebutnya.

“Doakan kami di Korea Selatan, baik yang tergabung di Formasi maupun organisasi lain, diberi kemudahan dalam membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang terdampak APG Gunung Semeru. Semoga apa yang dilakukan teman-teman yang bekerja di luar negeri ini menjadi contoh bentuk kepedulian dan menggugah rasa nasionalisme untuk membantu saudara sebangsa yang sedang terkena musibah,” tutupnya.

Indra Wibowo Leksana Ketua BPBD Kabupaten Lumajang mengapresiasi kepedulian PMI Korea Selatan. Ia berharap donasi itu memberikan manfaat besar pada pemulihan dampak bencana erupsi.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang dan warga Lumajang, kami mengucapkan terima kasih atas donasi dan bantuan dari berbagai pihak yang sangat luar biasa untuk warga yang terdampak APG Gunung Semeru. Semoga dapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi kita semua,” ujarnya. (bud/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs