Sabtu, 20 April 2024

Wujudkan Merdeka Belajar, Ubaya akan Dilengkapi Rumah Sakit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Simbolisasi pelaksanaan groundbreaking pembangunan tahap awal RS Ubaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Wujudkan semangat merdeka belajar di kampus, Universitas Surabaya (Ubaya) membangun rumah sakit sebagai sarana melengkapi proses belajar mahasiswa dari berbagai fakultas.

P3mbangunan rumah sakit (RS) Ubaya juga sebagai wujud atas komitmen yang tinggi pada kualitas dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengelolaan lembaga, melengkapi pengembangan Fakultas Kedokteran, Ubaya.

Senin (3/5/2021) dilaksanakan groundbreaking pemancangan test pile. Kegiatan seremonial groundbreaking pemancangan test pile sebagai simbol persiapan proses pembangunan RS Ubaya dilakukan secara langsung oleh Rektor Ubaya Benny Lianto bersama Direktur PT Keluwih Medika Surabaya yang akan mengelola RS Ubaya.

RS Ubaya dibangun disamping lahan lapangan parkir Ubaya Kampus Tenggilis. Adanya rumah sakit di lingkungan civitas academica Ubaya merupakan sayu diantara bentuk pelaksanaan aktivitas pengabdian kepada masyarakat. RS Ubaya sebagai rumah sakit pendidikan juga digunakan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa fakultas kedokteran Ubaya serta pengembangan riset multidisiplin antara fakultas kedokteran, farmasi, bioteknologi dan psikologi.

“Hadirnya RS Ubaya diharapkan dapat menunjang sarana pendidikan sekaligus menjadi tempat praktik dalam memfasilitasi mahasiswa fakultas kedokteran (FK) Ubaya sebagai calon tenaga medis yang handal. Ini juga wujud dari semangat merdeka belajar,” terang Benny Lianto, Rektor Ubaya, Senin (3/5/2021).

Rancangan pembangunan RS Ubaya terdiri dari 9 lantai dengan luas bangunan 28.000 meter persegi dan lahan tanah seluas 13.000 meter persegi. Terdapat lebih dari 300 ruang instalasi rawat inap dan puluhan ruang perawatan intensif akan dipersiapkan agar dapat beroperasi memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas serta terbaik kepada masyarakat. RS Ubaya akan dibuka untuk umum dan dilengkapi dengan beberapa peralatan modern serta tenaga medis ahli yang akan menangani pasien.

PT Keluwih Medika Surabaya sebagai pengelola RS Ubaya yang bergerak di bidang kesehatan menggandeng PT Medikaloka Hermina Tbk sebagai penyedia layanan kesehatan Rumah Sakit Hermina menjadi konsultan dan operator mulai dari tahap pra-operasional pembangunan hingga tahap operasional RS Ubaya. Rumah Sakit Hermina dipilih karena memiliki jaringan rumah sakit yang kuat secara nasional sehingga memudahkan untuk pertukaran resources kalau diperlukan. Namun yang utama, Rumah Sakit Hermina memiliki kesamaan visi dan misi dengan Ubaya yang berfokus pada kualitas, sosial dan kemanusiaan.

Perwakilan warga sekitar sekaligus Ketua RW 4 Panduk kelurahan Panjang Jiwo, Hasupriadi mengatakan bahwa dirinya dan warga mendukung sepenuhnya dengan adanya rencana proses pembangunan RS Ubaya. Dirinya berharap nantinya dengan adanya RS Ubaya dapat memberikan kehidupan lebih baik bagi warga sekitar.

“Mudah-mudahan kedepannya dengan adanya RS Ubaya dapat bermanfaat bagi warga kita. Misalnya bisa membuka lapangan kerja baru untuk warga kita yang membutuhkan pekerjaan, ada pelayanan kesehatan bagi warga sekitar, dan bina lingkungan ke RW Panduk. Dengan adanya RS Ubaya di wilayah kami, semoga bisa menjadi lebih baik, lebih bagus, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang ekonomi,” pungkas Hasuprijadi.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs