Selasa, 20 April 2021

Konsisten Terapkan Outcome Based Education, Teknik Kimia Ubaya Raih Akreditasi Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Program studi (prodi) Teknik Kimia Universitas Surabaya (Ubaya) raih akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board For Engineering Education). Akreditasi IABEE merupakan akreditasi internasional untuk pendidikan tinggi di bidang engineering atau teknik. Melalui pencapaian ini, Teknik Kimia Ubaya menjadi prodi Teknik Kimia pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang berhasil memperoleh akreditasi IABEE yang telah diakui Kemenristek / BRIN dan diterima sebagai Provisional Signatory Member oleh Washington Accord.

Putu Doddy Sutrisna Ketua Prodi Teknik Kimia Ubaya mengungkapkan rasa syukur dan bangga dengan pencapaian yang telah diraih oleh prodi Teknik Kimia Ubaya. Dirinya mengatakan jika prodi Teknik Kimia Ubaya menyadari pentingnya pengakuan secara internasional terhadap pendidikan dan kompetensi lulusan agar mampu berkiprah di level internasional sehingga sejajar dengan prodi atau jurusan dari perguruan tinggi ternama di luar negeri. Akreditasi IABEE ini hanya dapat diikuti oleh prodi atau jurusan di bidang teknik yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

“Kami sangat senang, bahagia dan bangga dengan pencapaian ini. Ditambah lagi, saat ini Teknik Kimia Ubaya menjadi prodi Teknik Kimia PTS pertama di Indonesia yang telah terakreditasi secara penuh oleh IABEE. Ini buah dari perjuangan panjang dan bukti dari warga prodi Teknik Kimia Ubaya yang secara konsisten menerapkan outcome based education sesuai standar dari IABEE,” papar Putu Doddy Sutrisna, Kamis (8/4/2021).

Ada beragam aspek yang dinilai dalam pengajuan General Accreditation (GA) atau akreditasi penuh IABEE. Diantaranya yaitu implementasi dan konsistensi penerapan pembelajaran berbasis capaian pembelajaran (outcome based education) sesuai standar IABEE mulai dari desain kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Penilaian juga dilakukan saat visitasi secara online terhadap ketersediaan fasilitas pembelajaran seperti laboratorium, wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan.

Akreditasi IABEE memastikan lulusan program studi memiliki kesetaraan kompetensi sesuai standar internasional untuk pendidikan tinggi teknik. Standar pendidikan tinggi teknik yang dijadikan rujukan IABEE adalah Washington Accord. Lulusan prodi Teknik Kimia Ubaya yang telah terakreditasi oleh IABEE memiliki posisi yang setara untuk bergabung dengan profesional engineer global dan siap mengambil peluang karir dimana pun di seluruh dunia. Selain itu, akreditasi IABEE juga mendorong program studi untuk selalu melakukan perbaikan berkelanjutan berdasarkan asas Plan – Do – Check – Act.

“Bagi mahasiswa dan lulusan prodi Teknik Kimia Ubaya, tentunya akreditasi IABEE mampu menjamin bahwa capaian pembelajaran mereka dapat diakui tidak hanya pada level nasional tetapi juga di level internasional,” kata Putu Doddy Sutrisna seperti yang dilansir Antara.

Pencapaian akreditasi IABEE ini menjadi dorongan serta motivasi warga Teknik Kimia Ubaya untuk semakin memperluas kerja sama dengan berbagai pihak di dalam maupun luar negeri. Disamping itu, juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa prodi Teknik Kimia Ubaya untuk terus meningkatkan skill dan pengetahuan mereka agar menjadi lulusan yang kompeten dan profesional di bidangnya masing-masing.

“Untuk kedepannya secara konsisten kami akan menerapkan apa yang telah ditetapkan sesuai dengan standar IABEE dimana penentuan kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan selalu didasarkan kepada masukkan dari stakeholders atau pemangku kepentingan dan juga didasarkan pada perkembangan yang terjadi di dunia industri,” pungkas Putu Doddy Sutrisna.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Selasa, 20 April 2021
32o
Kurs