Selasa, 7 Mei 2024

ZyCoV-D, Vaksin DNA dari India dengan Efikasi 66,6 Persen Segera Produksi Massal

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Reuters/Lucy Nicholson

Shilpa Medicare Limited perusahaan farmasi India dikabarkan telah menyetujui produksi vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal India lainnya, Cadila Healthcare Ltd.

Vaksin bernama ZyCoV-D, vaksin DNA pertama di dunia untuk Covid-19 ini, akan disuntikkan dalam paket tiga dosis.

Memiliki efikasi utama 66,6 persen vaksin ini telah mendapat izin pada Agustus lalu dari badan kesehatan India untuk penggunaan darurat.

Cadila diperkirakan akan mulai memasok vaksin ini pada Oktober, dan berencana memproduksi 100-120 juta dosis ZycoV-D dalam setahun.

Shilpa Medicare mengatakan unit perusahaannya akan membuat bahan-bahan vaksin, sementara Cadila akan mengemas, mendistribusikan, dan memasarkan vaksin tersebut.

Target produksi vaksin ZyCoV-D dari fasilitas Shilpa Medicare di Karnataka belum diketahui.

Selain kepada orang dewasa, vaksin itu juga dapat diberikan pada remaja berusia 12-18 tahun.

Kementerian Sains dan Teknologi India mengatakan vaksin itu menghasilkan protein virus SARS-CoV-2 yang melimpah dan memberikan respons imunitas yang berperan penting sebagai pelindung serta pemberantas virus.

“Teknologi plug-and-play yang menjadi dasar platform plasmid DNA dapat dengan mudah diselaraskan untuk menangani mutasi pada virus, seperti yang sudah terjadi,” kata Kementerian tersebut.

Sebagaimana laporan Reuters dikutip Antara, Sabtu (25/9/2021), seorang sumber di pemerintahan membeberkan bahwa Cadila Healthcare pada Oktober akan memasok 10 juta dosis vaksin Covid-19.

Shilpa Medicare juga memproduksi vaksin Sputnik V Rusia di bawah perjanjian dengan perusahaan raksasa farmasi India, Dr. Reddy’s Laboratories

Saham Shilpa Medicare yang naik sekitar dua persen setelah pengumuman tersebut, berakhir dengan penurunan sekitar 0,6 persen. Sementara saham Cadila Healthcare tidak berubah.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs