Kamis, 9 Mei 2024

52 Feeder Siap Beroperasi di Surabaya Mulai 2023

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Desain transportasi trunk dan feeder yang telah dibuat sebelumnya oleh Pemkot Surabaya. Pemkot akan mendesain ulang transportasi pengumpan ini. Foto: Dishub Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan sebanyak 52 unit feeder (angkutan pengumpan) yang akan menjemput penumpang dari perkampungan warga menuju jalan utama atau halte bus.

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan, 52 unit feeder itu ditargetkan resmi meluncur Februari 2023.

“Awalnya nanti meluncurkan kurang lebih 52 unit. Feeder bentuknya angkot, tapi AC, modern. Semua pembayaran menggunakan kartu. Operasinya, target mulai Februari 2023,” jelas Tundjung pada Selasa (20/12/2022) saat peresmian Bus Listrik Trans Semanggi Suroboyo di Alun-alun Surabaya.

Tundjung memastikan rute yang dilalui feeder nantinya hanya jarak dekat, yaitu dari kampung menuju ke jalan utama.

“Sistemnya mengumpan ke trunk line ini, jalan utama dari kampung-kampung menyentuh itu. Dia balik lagi muter saja kaya Gununganyar, dari perempatan ke dalam Gununganyar. Kita sediakan feeder. Sehingga orang-orang dari depan sudah ada angkot yang ber-AC. Nilainya 52 unit sekitar Rp34 miliar. Pakai angkot baru,” jelasnya lagi.

Rencananya, pengemudi feeder berasal dari sopir-sopir angkot konvensional yang direkrut oleh Pemkot.

“Kita akan intervensi (sopir angkot). Yang jelas, kita berusaha, mereka mendapatkan pekerjaan, hasilnya lebih baik,” pungkasnya.

Pengadaan feeder itu untuk mempermudah masyarakat menjangkau transportasi umum, bus, di Surabaya. Upaya ini turut didukung Budi Setiyadi Staf Ahli Utama Menteri Perhubungan.

“Keberhasilan menyangkut BTS (Buy The Service) ini perlu dukungan dan komitmen pemkot dan DPRD. Feeder-feeder new angkot dari listrik mudah-mudahan bisa segera terealisasi melengkapi BTS yang kita bangun,” ujar Budi.

Sementara Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam kesempatan sama memastikan seluruh wilayah yang dijangkau bus di Surabaya akan disiapkan feeder tahun 2024.

“Untuk menjaga komitmen kami, kami juga akan gunakan feeder nanti. Jadi setiap wilayah yang menggunakan bus Surabaya akan kita siapkan feeder, dan feeder itu akan terpenuhi semua di tahun 2024. Sebagian kita gunakan listrik, itu komitmen kita,” kata Eri, Selasa (20/12/2022).

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan bersama Pemkot Surabaya me-launching Bus Listrik Trans Semanggi Suroboyo untuk mendukung angkutan Buy The Service (BTS) di Kota Surabaya pada Selasa (20/12/2022) di Alun-Alun Surabaya.

Peluncuran bus listrik BTS ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan akan melayani Koridor 3 yaitu Terminal Purabaya – Kenjeran Park (Kenpark) dengan melewati wilayah SIER dan Rungkut Madya.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kamis, 9 Mei 2024
Kurs