Kamis, 18 April 2024

Airlangga Hartarto Bahas KTT G20 Bersama Masyarakat Indonesia di New York

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu masyarakat Indonesia yang tinggal di New York City, Amerika Serikat. Foto: Antara

Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 saat melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah New York City, Amerika Serikat, pada Rabu (26/10/2022), waktu setempat.

“Kunjungan kali ini bertujuan untuk menggalang dukungan Amerika Serikat terhadap Keketuaan Indonesia dalam G20,” kata Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Selain itu, dalam pertemuan ini juga membahas situasi demokrasi, iklim investasi, program unggulan bagi angkatan kerja, dan visi perdagangan Indonesia ke depan.

Terkait isu demokrasi, masyarakat dan diaspora (perantau) Indonesia di New York City, berharap agar situasi Indonesia tetap aman, damai dan stabil, utamanya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mengenai isu iklim investasi dan potensi ekspor, beberapa peserta berharap agar pemerintah Indonesia terus meningkatkan kapasitas para produsen nasional agar dapat menghasilkan komoditas unggulan yang berdaya saing di tingkat internasional.

Menanggapi harapan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menyelenggarakan berbagai program untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

“Program Kartu Prakerja dan kerja sama sekolah vokasi dengan pelaku bisnis merupakan salah satu dari berbagai program unggulan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Indonesia,” ujar Airlangga.

Adapun, dalam pertemuan ini juga dihadiri oleh Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian, serta sekitar 50 orang yang berasal dari berbagai perwakilan komunitas WNI atau diaspora Indonesia di New York, yang meliputi, Nusantara Foundation, Perwakrin USA, Maesa Amerika, Paguyuban Cakra, Persadaan Bangso Batak.

Selain itu, juga Keluarga Katolik Indonesia, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Indonesian Senior Club, Indonesian House of New York, Indonesia Professional Association, dan mahasiswa yang tergabung dalam PERMIAS NYC.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs