Minggu, 5 Mei 2024

Akhir Tahun, Jatim Diprediksi Kebanjiran 238 Juta Kunjungan Wisatawan Nusantara

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Pantai Tanjung Papuma Kabupaten Jember. Foto: Kominfo Jatim

Dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki, Provinsi Jawa Timur (Jatim) diprediksi mendapat kunjungan wisatawan nusantara (Wisnus) sebanyak 238,8 juta, pada momen liburan akhir tahun 2022.

Prediksi itu bukan tanpa ukuran, pasalnya tempat wisata di Jatim cukup beragam. Mulai dari gunung, kawah, pantai, sungai, lautan, tempat surfing (selancar), snorkeling (selam), paralayang, hingga wisata budaya dan kuliner.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan bahwa pada tahun tahun 2020 dan 2021, provinsi yang dia pimpin jadi tempat kunjungan tertinggi untuk perjalanan Wisnus nasional.

Detailnya, pada tahun 2020 kunjungan Wisnus ke Jawa Timur sebanyak 126.676.862, dan pada tahun 2021 sebanyak 145.114.120.

Seiring dengan peningkatan kunjungan, pihak Pemprov Jatim terus berbenah untuk pembangunan insfrastruktur penunjang pariwisata.

“Harapannya, wisatawan yang berkunjung tidak hanya merasa aman dan nyaman, tapi bisa pulang dengan bahagia,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Kamis (29/12/2022).

Khofifah mencontohkan pengembangan di kawasan Pacitan yang terkenal dengan sebutannya “Kota 1001 Goa”. Selanjutnya, di kawasan utara seperti Gresik dan Tuban yang terkenal dengan Wisata Religi beserta dengan kegiatan ziarahnya.

“Nah, untuk bagian tengah selatan terdapat Bromo Tengger Semeru (BTS). Yang jadi sesuatu baru dan menarik para pengunjung adalah jembatan Kaca Seruni Point yang akan kita resmikan dan akan menjadi tempat ikonik di BTS,” kata Khofifah.

Gubernur Jatim itu memastikan, jika akses jalan menuju kawasan BTS baik dari Probolinggo, Pasuruan dan Malang pengerjaannya telah dirampungkan oleh pemerintah pusat.

Lalu, yang tidak luput dari perhatian yakni kawasan pantai Malang Selatan. Khofifah mengatakan kalau saat ini tengah ada pengembangan berbagai pantai eksoktik yang berjejer di kawasan tersebut.

“Saat ini masyarakat di sana juga diberikan pemberdayaan. Ini semakin menarik minat investor, yang otomatis membuat pergerakan ekonomi di kawasan itu semakin cepat,” katanya.

Khofifah optimis jika Malang Selatan bakal menjadi kekuatan wisata bahari baru bagi Jatim. Oleh karena itu di momen liburan akhir tahun ini, dirinya mengundang para wisatawan dalam dan luar negeri untuk menikmati indahnya Jatim.

“Harapan kita semua di momen libur pergantian Tahun Baru ini dapat berjalan dengan aman, nyaman dan jaga kesehatan keselamatan masing-masing,” ujar Khofifah. (wld/bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs