Jumat, 31 Maret 2023

Pemerintah Prediksi Pergerakan Wisatawan Capai 800 Juta di Akhir Tahun

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/12/2022). Foto: Antara

Pemerintah memprediksi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia tembus hingga 800 juta saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menjelaskan pemerintah optimistis bisa mencapai 703 juta pergerakan dari wisatawan nusantara, sedangkan wisatawan mancanegara setidaknya mencapai 5,3 juta pergerakan.

“Harapannya pergerakan wisatawan ini akan menembus 800 juta dan angka 800 juta ini berarti di atas dari batas atas atau target optimis 703 juta pergerakan wisatawan nusantara,” tuturnya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/12/2022) dikutip Antara.

Pemerintah optimistis target itu dapat tercapai karena pencarian kegiatan berwisata di Indonesia sudah di atas 2,8 miliar dan mengungguli Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Sandiaga mengatakan perjalanan pariwisata selama libur Nataru sejauh ini berjalan lancar dengan pergerakan 44-45 juta wisatawan.

Pemerintah pun masih memonitor dalam sepekan ke depan untuk melihat pergerakan wisatawan selama libur Nataru.

Oleh karenanya, Joko Widodo Presiden RI menginstruksikan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) untuk menambah slot penerbangan untuk mengakomodasi pergerakan wisatawan yang diprakirakan meningkat menjelang pergantian tahun.

Sandiaga merinci slot penerbangan akan ditambah di sejumlah bandara utama, seperti di Jakarta (CGK), Bali (DPS), Surabaya (SUB), Yogyakarta (YIA) dan Kualanamu (KNO), serta penambahan slot di destinasi wisata.

“Sementara untuk yang ke destinasi wisata Wakatobi, Morotai, dan penambahan penerbangan ke Danau Toba dan Likupang, Sulawesi Utara,” kata Sandiaga.

Adapun tiga daerah wisata dengan kunjungan wisatawan tertinggi yakni Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Sementara untuk wisatawan mancanegara terbanyak dari Australia, Singapura, dan Malaysia.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Dupak Rukun dan Kemacetannya

Kemacetan di Boboh Gresik

Layang Waru di Pagi Hari

Truk Tebu Terguling di Sumber Waras Lawang

Surabaya
Jumat, 31 Maret 2023
24o
Kurs