Selasa, 23 April 2024

Pemkot Surabaya Gelar Berbagai Lomba Meriahkan HUT RI ke-77

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi. Lomba menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Foto: Dokumen Dinas Kominfo Kota Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengajak seluruh masyarakat Kota Pahlawan untuk berpartisipasi dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Pemkot Surabaya akan menggelar dua kategori perlombaan. Pertama, khusus kalangan internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kedua, untuk masyarakat. Semuanya akan dilaksanakan mulai 9 – 25 Agustus 2022.

“Untuk kalangan internal OPD atau seluruh instansi di lingkungan Pemkot Surabaya, pada 9 – 15 Agustus 2022 digelar Lomba Bola Voli Campuran di Gelora Pancasila, dan 10 – 12 Agustus 2022 digelar Lomba Tenis Meja di Lantai 3 Ruangan Serbaguna,” kata Wiwiek Widayati Kepala Disbudporapar, Selasa (9/8/2022).

Selanjutnya, pada 12 – 13 Agustus 2022 dilaksanakan lomba Hadang Putri, Panjat Pinang dengan tersedia 1 pohon, Estafet Tradisional, dan Gebuk Bantal di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Sisi Selatan, Jalan Pantai Kenjeran Kota Surabaya.

Meski untuk internal, masyarakat bisa menyaksikan perlombaan Panjat Pinang dan Gebuk Bantal. Dalam pertandingan itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya akan melawan Forkompinda Kota Surabaya.

“Masyarakat bisa ikut meramaikan kegiatan peringatan HUT ke – 77 RI dengan menyaksikan berbagai perlombaan tersebut. Apalagi, Wali Kota juga akan mengikuti kegiatan tersebut,” lanjutnya.

Sementara kategori kedua untuk masyarakat, Lomba Perahu Layar digelar pada 13-14 Agustus 2022 mulai pukul 08.00 WIB di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Sisi Utara, Jalan Pantai Kenjeran Kota Surabaya. Sebanyak 50 perahu akan ikut meramaikan perlombaan.

“Kategori kedua adalah perlombaan untuk masyarakat, dimana peserta lomba Perahu Layar merupakan para nelayan sekitar yang akan beradu dalam kecepatan. Serta bersaing dalam keindahan atau kreativitas menghias Perahu Layar,” imbuhnya.

Menurut Wiwiek, Lomba Perahu Layar digelar untuk menguatkan keberadaan para nelayan. Sebab, ketika mereka tidak melakukan aktivitas berlayar, lanjut Wiwiek, mereka bisa mengerjakan komoditas wisata melalui lomba Perahu Layar.

“Kita menggunakan perahu tradisional dengan menghias perahu dan layarnya, dengan didominasi oleh aksesoris berwarna merah – putih,” terang dia.

Selain itu, pada 14 Agustus 2022, Pemkot Surabaya juga akan me-launching lomba film pukul 10.00 WIB di Komplek Balai Pemuda di Gedung Balai Budaya Kota Surabaya. Kemudian, pada 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB juga akan digelar nonton film bareng (nobar) Film Koesno bersama Wali Kota Surabaya.

“Masyarakat Surabaya akan menyaksikan film Koesno yang berkisah tentang perjalanan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) saat menempuh pendidikan di Kota Surabaya,” kata dia.

Dalam Film Koesno, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menjadi pemeran tokoh Bung Karno sewaktu dewasa.

“Di tanggal yang sama, yakni 15 Agustus 2022 juga akan digelar kembali fashion show di Komplek Balai Pemuda dengan tema busana Perjuangan,” ungkap dia.

Terakhir, pada 24 Agustus 2022 akan digelar launching Pameran Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Convention and Expo Kota Surabaya. (lta/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs