Sabtu, 4 Mei 2024

Angelina Jolie Mengundurkan Diri Sebagai Utusan Khusus UNHCR

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Angelina Jolie. Foto: Variety

Angelina Jolie resmi mengundurkan diri sebagai utusan khusus di badan pengungsi PBB (UNHCR) setelah 21 tahun berada dalam organisasi tersebut.

Angelina Jolie dan UNHCR telah mengeluarkan pernyataan bersama pada hari Jumat (16/12/2022) kemarin bahwa aktris tersebut mengundurkan diri dari perannya di organisasi tersebut.

Berdasarkan pernyataan tersebut, Jolie akan meninggalkan perannya sebagai utusan khusus untuk terlibat dalam urusan kemanusiaan dan hak asasi manusia yang lebih luas.

“Setelah sekian lama dan sukses bersama UNHCR, saya menghargai keinginannya untuk mengalihkan keterlibatannya dan mendukung keputusannya,” kata Filippo Grandi Kepala Komisioner Tinggi UNHCR, mengutip dari Antara, Sabtu (17/12/2022).

“Saya tahu masalah pengungsi akan tetap dekat di hatinya, dan saya yakin dia akan membawa semangat dan perhatian yang sama ke portofolio kemanusiaan yang lebih luas,” tambahnya.

Kemitraan Jolie dengan badan pengungsi PBB dimulai pada tahun 2001 silam, dan pada tahun 2012 dia ditunjuk sebagai utusan khusus.

Jolie berusia 26 tahun ketika dia mengunjungi kamp pengungsi pertamanya pada tahun 2001. Belakangan tahun itu, dia pun ditunjuk sebagai duta UNHCR, dengan komisaris tinggi saat itu mengatakan dia berharap Jolie dapat menarik perhatian para penggemarnya dan mendidik mereka.

Menanggapi permintaan komentar tambahan oleh The Associated Press, badan PBB tersebut menolak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk apakah mereka akan menunjuk utusan khusus lain untuk menggantikan Jolie.(ant/dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs