Rabu, 24 April 2024

Antisipasi Kepadatan Arus Balik di Ketapang, Kendaraan Logistik Dialihkan ke Pelabuhan Jangkar Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Penyeberangan Jawa-Bali (Ketapang-Gilimanuk). Foto: Iping suarasurabaya.net

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan stakeholder terkait, akan mengalihkan kendaraan besar (truk logistik) dari Pelabuhan Penyeberangan Ketapang di Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar di Situbondo, Jawa Timur.

“Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang,” ujar Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan dalam rapat koordinasi di Posko Angkutan Lebaran Terpadu, Kamis (5/5/2022) malam dikutip dephub.go.id.

Selain pemindahan kendaraan logistik ke Pelabuhan Jangkar, sejumlah antisipasi telah disiapkan yaitu melalui penerapan rekayasa lalu lintas.

Pada kesempatan tersebut, Budi Setiyadi Dirjen Perhubungan Darat juga menjelaskan, rekayasa lalin one way akan diterapkan mulai dari masuk ke Banyuwangi, tepatnya di Jembatan Timbang Wacuk Dodol dari Probolinggo menuju dermaga. Kemudian, dari arah Banyuwangi menggunakan jalan lingkar dalam Jawa Timur.

Sementara itu, terkait waktu penerapan one way, kata dia, menjadi diskresi dari pihak kepolisian.

“Dengan demikian diharapkan mengurangi konflik kepadatan yang terjadi,” ujar Dirjen Budi.

Pada arus mudik tahun ini, pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi dibandingkan moda lainnya, yaitu sebanyak 2.158.947 penumpang.

Pelabuhan Penyeberangan Ketapang sendiri, menjadi salah satu pelabuhan terpadat bersama dengan Merak, Bakauheni, Gilimanuk, dan Kariangau. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs