Rabu, 24 April 2024

Antisipasi Mudik Lebaran, Polisi Mojokerto Simulasi Contra Flow di Jalur Nasional

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Polisi Mojokerto melakukan simulasi contra flow untuk menyiasati terjadinya penumpukan kendaraan saat mudik Lebaran tahun ini. Foto: Fuad Maja FM

Satlantas Polres Mojokerto menyiapkan sejumlah skema pengamanan lalu lintas untuk mencegah penumpukan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2022. Di antaranya dengan menerapkan sistem satu arah atau one way dan contra flow di jalan nasional.

Hari ini, Selasa (19/4/2022) Satlantas Polresta Mojokerto bersama Dishub Mojokerto melakukan simulasi contra flow di jalan nasional yang melintas di Mojokerto. Mulai dari simpang tiga Jampirogo hingga Mertek atau dari arah Jombang dan Surabaya dan sebaliknya.

AKP Arpan Kasatlantas Polres Mojokerto mengatakan, simulasi contra flow ini direncanakan menjadi solusi terakhir jika terjadi penumpukan kendaraan saat memasuki mudik Lebaran atau libur panjang pada 28 April hingga arus balik. Mengingat lebaran tahun 2022 Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik.

“Secara situasional, sistem contra flow ini akan kita lakukan untuk mengurai kepadatan lalulintas di Mojokerto, khususnya di jalur nasional, saat arus mudik maupun balik,” ungkap AKP Arpan saat ditemui Fuad Reporter Maja FM.

Selain contra flow, jalan arteri yang dilalui pemudik juga akan dijaga oleh petugas yang mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

“Di jalan arteri akan ada pengaturan lalin di beberapa titik rawan macet, termasuk kita juga akan melakukan sekema pengalihan arus,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah personel yang dikerahkan dalam melakukan pengamanan lalu lintas arus mudik Lebaran kurang lebih berjumlah 130 personil. Yang akan disebar di tujuh pos PAM dan dua pos yang yang ada di Mojokerto

Ia menegaskan petugas yang berjaga akan fokus pada pengamanan arus mudik dan tak akan memberhentikan pemudik.

Ia pun mengimbau warga agar mempersiapkan rencana mudik sematang mungkin, utamanya dengan mengikuti vaksinasi dosis lengkap.

“Tetap perhatikan keselamatan pada saat melaksanakan mudik. Siapkan diri, siapkan kendaraan, dan hati-hati,” tandasnya.(fad/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs