Jumat, 26 April 2024

AS Konfirmasi Sembilan Kasus Cacar Monyet

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gejala penyakit Cacar Monyet. Foto: Channel News Asia

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi sembilan kasus cacar monyet di tujuh negara bagian, pada Kamis (26/5/2022).

“Kasus-kasus ini dicurigai oleh beberapa dokter setempat. Mereka kemudian diidentifikasi oleh laboratorium lokal dan mendorong tindakan kesehatan masyarakat setempat untuk membantu perawatan dan pengelolaan setiap kemungkinan kontak,” kata Rochelle Walensky Direktur CDC dalam konferensi pers seperti dilansir Xinhua oleh Antara, Jumat (27/5/2022).

Kesembilan kasus tersebut diidentifikasi di negara bagian California, Florida, Massachusetts, New York, Utah, Virginia dan Washington.

Beberapa pasien dari sembilan kasus tersebut diketahui memiliki catatan perjalanan internasional ke daerah-daerah dengan wabah cacar monyet aktif baru-baru ini, sementara yang lainnya tidak, kata Walensky.

Para pejabat memperkirakan adanya lebih banyak kasus yang terdiagnosis mengingat CDC telah mendesak dokter dan masyarakat untuk mewaspadai gejalanya.

“Kita seharusnya tidak terkejut bila melihat lebih banyak kasus dilaporkan di AS dalam beberapa hari mendatang. Ini sebenarnya pertanda bahwa orang Amerika tetap waspada, dan penyedia layanan kesehatan serta petugas kesehatan masyarakat telah melakukan tugas mereka,” kata Hayati Raj Panjabi Direktur Senior Gedung Putih bidang Keamanan Kesehatan dan Pertahanan Sumber Daya.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs