Sabtu, 27 April 2024

Asing di Tanah Air, Lima Musisi Indonesia Ini Sukses Merintis Karir di Luar Negeri

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
NIKI solois dan Rich Brian rapper. Foto: Instagram/88rising

Hari musik sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 Juni telah memasuki usia 40 Tahun sejak perhelatan pertama pada 1982 di Perancis. Kemegahan dunia musik selalu ditandai dengan hadirnya seorang figur atau grup band yang dikenal secara luas oleh masyarakat dunia.

Kebanyakan, musisi tersebut berasal dari negara-negara Barat. Misalnya John Lennon, Elvis Presley, Bob Marley, hingga Michael Jackson. Mereka pernah sukses menandai karirnya sebagai penulis lagu dan meramaikan industri musik internasional.

Seiring perkembangan musik dan teknologi, semua individu memiliki kesempatan yang sama dalam menciptakan suatu karya seni musik. Tidak terkeculai para musisi asal Indonesia yang justru merintis karirnya di luar negeri dan sukses melakoni debutnya.

Karena mengawali rintisan karir di luar negeri, nama mereka justru tidak begitu populer di Indonesia sebelum lagu-lagu mereka booming di media sosial. Berikut adalah 5 musisi asal Indonesia yang sukses melakukan debut di luar negeri, melansir dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022).

1. NIKI

Nicole Zefanya.
Foto: instagram @nikizefany

Nicole Zefanya yang tenar dengan nama panggung NIKI, adalah seorang musisi, penulis lagu, dan produser rekaman asal Indonesia.

Niki merupakan satu dari tiga penyayi asal Indonesia yang menjadi satu bagian label rekaman Amerika Serikat 88rising bersama Rich Brian dan Stephanie Poetri.

Pada Tahun 2014, Niki pernah menjadi musisi pembuka untuk konser Taylor Swift di Jakarta dalam “The Red Tour”.

Ketenaran NIKI ditandai saat dirinya menjadi wanita Indonesia pertama di Panggung Coachella. Bahkan beberapa lagu NIKI tercatat telah mengisi soundtrack film Raya and The Last Dragon dan yang terbaru adalah untuk film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings.

2. Rich Brian

Brian Imanuel.
Foto: instagram @brianimanuel

Pria kelahiran 1999 ini, adalah rapper muda yang sudah memiliki penggemar di berbagai penjuru dunia. Brian juga menjadi bagian dari 88rising.

Rich Brian memulai karirnya dengan menulis lagu sendiri dan dibawakannya melalui kanal YouTube pribadi. Pada 2016, Brian pernah menulis lagu yang cukup fenomenal berjudul “Dat $tick”, bahkan dirinya sampai mendapat penghargaan Recording Industry Association of America (RIAA).

Tidak berhenti pada 2016 saja, rapper muda itu kemudian memulai debut studio albumnya pada bulan Februari 2018 dan langsung masuk urutan 18 US Billboard 200.

Rapper muda yang kini tinggal di Los Angeles, California itu telah menadai kesuksesannya dengan menggelar tur di Amerika.

3. Stephanie Poetri

Stephanie Poetri.
Foto: instagram @stephaniepoetri

Stephanie Poetri mulai dikenal di kancah internasional setelah dirinya merilis lagu “I Love You 3000”. Lagu tersebut bahkan masuk Global Viral 50 Spotify.

Wanita bernama lengkap Stephanie Poetri Dougharty itu juga pernah mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol Junior pada 2014, Namun ia baru meraih kesuksesannya di luar negeri setelah digaet perusahaan rekaman Amerika Serikat, 88rising.

Putri dari musisi Indonesia Titi DJ ini memiliki keahlian dalam menulis lagu. Namun Stephanie mengaku lebih nyaman menulis menggunakan bahasa Inggris dibanding bahasa Indonesia.

Stephani merasa dalam bahasa Indonesia memiliki banyak suku kata, oleh karena itu dirinya merasa penggunaan bahasa Inggris lebih bisa mewakili apa yang dimaksud.

4. Claudia Emmanuela

Claudia Emmanuela Santoso.
Foto: @audi_emmanuela

Memiliki nama lengkap Claudia Emmanuela Santoso, penyanyi asal Cirebon itu menjadi juara dalam ajang pencarian bakat menyanyi The Voice of Germany musim ke sembilang yang ditayangkan di dua televisi nasional Jerman, ProSieben dan Sat.1 pada Tahun 2019.

Sebelum memulai karir di luar negeri, ia juga sempat mengkuti berbagai ajang lomba menyanyi tingkat anak-anak secara lokal antara lain, Akademi Fantasi Indosiar Junior Tahun 2008, Idola Cilik Tahun 2011, dan Mamamia Tahun 2014.

Kemenangannya dalam The Voice of Germany menjadi torehan sejarah sebagai orang Indonesia sekaligus Asia pertama yang berhasil menjuarai ajang tersebut.

5. Dita karang

Anak Agung Ayu Puspita Asitya Karang atau Dita Karang.
Foto: instagram @dita.karang

Wanita yang memiliki nama lengkap Anak Agung Ayu Puspita Asitya Karang ini berhasil menjadi wanita Indonesia pertama yang sukses mengikuti debut girl band di Korea Selatan.

Dita Karang menjadi bagian dalam girl band bernama Secret Number, di dalam band tersebut dirinya menempati posisi yang dominan yaitu menjadi dancer utama dan vokalis.

Dita Karang bersama Secret Number debut dengan lagu “Who Dis?” pada 19 Mei 2020. Setelah itu, Secret Number merilis lagu “Fire Saturday” yang kembali membuktikan kepopulerannya di Korea Selatan.

Berbagai penghargaan telah diraih Dita Karang bersama Secret Number, salah satunya untuk kategori Rookie Group.(wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs