Minggu, 29 Januari 2023

Balai Yasa Surabaya Gubeng Percepat Perbaikan Kereta Api Demi Kelancaran Mudik Lebaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kedatangan sejumlah penumpang Kereta Api. Foto: Istimewa

PT KAI Balai Yasa Surabaya Gubeng mendukung penuh program angkutan lebaran 2022, dengan mempercepat perbaikan menjadi 75 kereta dalam sebulan.

“Saat ini, masih terdapat 20 kereta yang sudah dalam tahap finishing dan ditargetkan selesai tanggal 18 April 2022,” kata Dominicus Agung Wawan Purnawan General Manager Balai Yasa Surabaya Gubeng dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/4/2022).

Dominicus menjelaskan, sejak Januari 2022, Balai Yasa Surabaya Gubeng telah melakukan perbaikan rata-rata 50 kereta api per bulan.

Dalam proses bisnis keseharian, kata Dominicus, Balai Yasa Surabaya Gubeng melakukan proses perbaikan yang terdiri dari proses disassembly (pembongkaran), perawatan komponen, dan proses assembly (perakitan).

“Sebelum sarana tersebut dioperasikan, Balai Yasa Surabaya Gubeng akan melakukan proses final test yang terdiri dari pemantauan sistem pengkondisian udara, pengecekan sistem pengereman, dan uji kebocoran kereta,” tuturnya.

Dia menyampaikan, bahwa Balai Yasa akan mempersiapkan pelayanan maksimal untuk masyarakat yang ingin pulang kampung pada lebaran tahun ini.

Bahkan untuk mempersiapkan angkutan kereta api sebagai layanan mudik lebaran 1443 Hijriah, Balai Yasa melakukan kontrol di empat wilayah daerah operasi (Daop), antara lain Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, dan Daop 9 Jember.

“Angkutan Lebaran tahun 2022 ini begitu kita nantikan, karena itu kami ingin memberikan pelayanan yang Selamat, Nyaman, dan Sehat kepada pelanggan kereta api,” pungkas Dominicus. (tha/bil/ipg)

Berita Terkait