Kamis, 28 Maret 2024

Bandara Soekarno Hatta Naikkan Airport Tax Mulai Agustus 2022

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Agus Haryadi Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Antara

Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang Banten, mulai memberlakukan kenaikan tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) atau airport tax pada awal Agustus 2022.

“Rencananya penyesuaian tarif diberlakukan 1 Agustus 2022,” ujar Agus Haryadi Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno Hatta, seperti yang dikutip Antara, Selasa (19/7/2022).

Ia menjelaskan, penyesuaian tarif pada PJP2U tersebut, berdasarkan keputusan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya meminta seluruh operator di Bandara Soetta untuk melakukan sosialisasi kepada maskapai dan penumpang pesawat.

“Nanti selama 30 hari atau satu bulan dilakukan sosialisasi, sejak ditetapkannya ketentuan penyesuaian tarif,” jelasnya.

Agus juga mengungkapkan, untuk penyesuaian tarif airport tax di Bandara Soetta nilainya bervariasi, sesuai perhitungan investasi dan layanan yang dilakukan oleh operator.

“Kenaikan bervariasi, kalau di terminal tiga, baik domestik maupun internasional ada kenaikan, tapi tidak signifikan. Kemudian terminal dua juga disesuaikan,” tuturnya.

Menurutnya, penyesuaian tarif tersebut bukan hanya berlaku di Bandara Soetta saja, tetapi di beberapa bandara komersil lainnya juga akan diberlakukan. Selain itu penyesuaian tarif juga akan diimbangi dengan peningkatan layanan kepada penumpang dan pengguna jasa bandara udara terhadap maskapai.

“Sebenarnya bukan hanya di Soetta, tapi di beberapa bandara lain. Rencana ini sudah lama diusulkan, tetapi Kemenhub, baru bisa merilis setelah pandemi Covid-19 mereda,” ungkap Agus.

“APMS atau sky train yang selama ini di nonaktifkan kini dihidupkan kembali, kemudian seluruh mode operasi maupun mode pelayanan kami buat 100 persen, misalnya pendingin udara dan sebagainya,” tambahnya.

Mengutip dari laman angkasapura2.co.id, terminal dua Bandara Soekarno Hatta pada rute domestik yang saat ini Rp77.273  pada tanggal 1 Agustus 2022 menjadi Rp108.000.  Sementara untuk  rute internasional yang saat ini Rp136.364 menjadi Rp160.000.

Sedangkan pada terminal tiga Bandara Soekarno Hatta, rute domestik yang saat ini Rp118.182 pada 1 Agustus 2022 menjadi Rp152.000, dan rute internasional yang saat ini Rp209.091 menjadi Rp240.000. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs