Selasa, 23 April 2024

Belasan Mobil Damkar Digerakan Mengatasi Banjir di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Belasan mobil pemadam kebakaran digerakan untuk mengatasi banjir akibat hujan deras yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Senin (13/6/2022). Foto: Diskominfo Surabaya

Belasan mobil pemadam kebakaran (Damkar) digerakan untuk membantu menyedot genangan banjir, akibat hujan deras yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/6/2022).

Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mengatakan, selain karena tingginya intensitas hujan, adanya air rob dan fenomena La Nina disinyalir menjadi penyebab terjadinya banjir di Surabaya.

“Saat ini dikerahkan ke Pandugo 13 unit mobil Damkar,” kata Dedik dikutip Antara.

Menurut dia, hingga Senin siang, mobil Damkar sudah bekerja keras melakukan penyedotan air yang masih merendam di sejumlah wilayah. Dedik mengatakan, efek dari penyedotan ini bisa lebih cepat mengurangi genangan.

“Sekarang masih proses, ini kami sedot dari Yekape (Jalan Medokan Ayu) ke selatan mengarah ke Eco Medayu. Efek penyedotan ini bisa mengurangi genangan yang ada di kawasan Rungkut hingga Pandugo,” ujarnya.

Selain upaya taktis, kata dia, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya juga bergerak ekstra untuk menanggulangi genangan. Langkah itu dilakukan melalui normalisasi dan pembersihan saluran-saluran primer.

“Yang pasti kami pertama normalisasi saluran berupa pengerukan dan pembersihan saluran-saluran primer. Serta melakukan optimalisasi pompa-pompa yang ada di muara-muara laut,” kata Lilik Arijanto Kepala DSDABM Surabaya.

Normalisasi itu, kata Lilik, saat ini lebih difokuskan untuk saluran-saluran yang berada di dekat muara laut, seperti di antaranya normalisasi dan pembersihan pada avour Wonorejo.

“Kami optimalkan pengerukan di avour Wonorejo. Serta di lokasi saluran pompa Wonorejo 1 dan 2,” paparnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs