Jumat, 26 April 2024

Beri Peringatan Korut, Kapal Perang Induk AS Tiba di Korsel

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kapal perang Ronald Reagan milik Amerika Serikat yang berlabuh di pelabuhan Busan, Korea Selatan pada 23 September. Foto: Reuters

Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) tiba di Korea Selatan pada Jumat (23/9/2022) hari ini untuk bergabung dalam latihan militer yang ditujukan sebagai peringatan kepada Korea Utara.

Kapal perang induk USS Ronald Reagan beserta kapal-kapal tempur lainnya itu berlabuh di pangkalan angkatan laut di kota pelabuhan Busan, Korea Selatan.

Kedatangan mereka menandai pengerahan armada paling besar dalam upaya mengoperasikan aset strategis berkemampuan nuklir AS di kawasan itu, untuk menghadapi Korut, seperti dikutip Antara dari Reuters.

Kunjungan kapal perang induk AS itu ke Korsel adalah yang pertama sejak 2018.

Saat itu, kedua sekutu tersebut mengurangi aktivitas militer gabungan mereka di tengah upaya diplomatik untuk membujuk Korut, tetapi pembicaraan-pembicaraan itu menemui jalan buntu.

Yoon Suk Yeol Presiden Korsel sebelumnya telah mendorong lebih banyak latihan militer gabungan sebagai peringatan kepada Korut.

Ini didasari Korut yang melakukan lebih banyak pengujian rudal pada awal tahun, setelah serangkaian negosiasi gagal membujuk negara tersebut agar mengakhiri pengembangan senjata dan rudal nuklir.

Para pengamat mengatakan Pyongyang sepertinya juga bersiap untuk melanjutkan pengujian nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017. Pyongyang bulan ini mengumumkan undang-undang baru yang menegaskan haknya untuk melakukan serangan nuklir, jika diperlukan, guna membela diri.

Korut telah mengecam pengerahan militer AS dan latihan-latihan gabungan sebagai persiapan perang dan bukti kebijakan yang bermusuhan dari Washington dan Seoul.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs