Kamis, 11 Agustus 2022

Biden Akan Kunjungi Arab Saudi Dalam Lawatannya ke Timur Tengah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat. Foto: Reuters

Joe Biden Presiden Amerika Serikat diumumkan akan mengunjungi Arab Saudi dalam lawatannya ke Timur Tengah pada pertengahan Juli mendatang.

Dalam pernyataannya, Karine Jean-Pierre Sekretaris Pers Gedung Putih pada Selasa (14/6/2022) waktu setempat menjelaskan, bahwa Jeddah, Arab Saudi akan menjadi perhentian terakhir Biden dalam lawatannya yang dijadwalkan pada 13 sampai 16 Juli, yang juga membawanya ke Israel dan Tepi Barat.

Arab Saudi saat ini diketahui merupakan ketua Dewan Kerja Sama Teluk.

“Biden menantikan kunjungan penting ini ke Arab Saudi, yang menjadi mitra strategis AS selama hampir delapan dekade,” jelas Jean-Pierre dikutip Antara pada Rabu (15/6/2022).

Dia menambahkan, ketahanan pangan dan energi global juga menjadi salah satu isu yang akan dibahas.

Kunjungan ke negara kaya minyak ini dilakukan ketika pemerintahan Biden sedang menghadapi tekanan domestik yang meningkat, untuk menurunkan harga bahan bakar yang melonjak tinggi.

Rata-rata harga bensin di AS menembus 5 dolar AS atau setara Rp73.657 per galon untuk pertama kalinya pada Sabtu (11/6/2022).

Kelompok negara penghasil minyak, OPEC+, yang dipimpin oleh Arab Saudi baru-baru ini sepakat untuk meningkatkan produksi minyak, guna membantu menurunkan harga yang melonjak. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
27o
Kurs