Senin, 15 April 2024

BIN dan Kemendikbud Ristek Kelola dan Bina Asrama Mahasiswa Nusantara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Budi Gunawan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Foto: Istimewa

Badan Intelijen Negara (BIN) bersama kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan bekerja sama dalam pengelolaan dan pembinaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

Pembangunan AMN mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 dengan tujuan sebagai wadah pembinaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bagi generasi muda di tingkat perguruan tinggi.

Sebagaimana tercantum dalam Perpres Nomor 106 Tahun 2021, Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) adalah wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari berbagai perguruan tinggi.

Nantinya gedung AMN akan dihibahkan dan dikelola oleh Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Kemendikbud Ristek. Kegiatan pembinaan juga akan dilaksanakan oleh berbagai stakeholder yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan bersama dengan BIN.

“Selain sebagai hunian bagi mahasiswa penerima beasiswa, AMN Surabaya juga difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya didukung oleh Badan Intelijen Negara (BIN),” kata Diana Kusumastuti Dirjen Cipta Karya melalui keterangan tertulis.

Pembinaan mahasiswa yang menghuni AMN dilakukan oleh BIN melalui kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kepeloporan.

Pembangunan AMN yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur dimulai sejak September 2021 dan telah rampung pada Mei 2022. Selanjutnya, AMN akan diresmikan oleh Joko Widodo (Jokowi) Presiden Republik Indonesia pada 29 November 2022.

Badan Intelijen Negara (BIN) yang saat ini dikepalai oleh Jenderal Polisi Budi Gunawan merupakan lembaga negara yang memliki peran sebagai lini terdepan di bidang intelijen.

BIN bertugas dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara, guna menjamin suksesnya pembangunan nasional. Sehingga sudah sepatutnya terlibat dalam program pembinaan generasi muda sebagai wujud pembangunan manusia seutuhnya dalam mempersiapkan generasi generasi muda yang tangguh dan berwawasan karakter Pancasila dan kenusantaraan.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 15 April 2024
30o
Kurs