Rabu, 6 Juli 2022

BMKG: Hujan Diprakirakan Kembali Guyur Sebagian Wilayah Jatim Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (27/5/2022), akan kembali diguyur hujan seperti sehari sebelumnya, pada Kamis (26/5/2022).

Dalam informasi tertulisnya, hujan berintensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang, akan terjadi pada pagi sampai dengan malam hari di wilayah Jatim.

Pada pagi hari, hujan diprakirakan hanya akan mengguyur wilayah Kabupaten Nganjuk dan Pasuruan.

Sementara untuk siang sampai dengan sore hari, hujan diprakirakan akan terjadi di sejumlah wilayah, yakni Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Madiun, Magetan, Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Di malam hari, hujan akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Mojokerto, Kabupaten Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Madiun, Ngawi, Bangkalan dan Sampang.

Sedangkan, pada Sabtu (28/5/2022) dini hari, hujan juga akan mengguyur wilayah Kabupaten Sumenep.

Di Jatim, suhu udara berkisar 15-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin akan dominan dari arah Timur ke Timur Laut, dengan kecepatan 05-40 km/jam.

Sementara itu, informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, Jumat (27/5/2022), Kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur secara umum berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di Perairan Gresik-Surabaya, Perairan Utara Madura, Perairan Kepulauan Kangean, Selat Madura bagian Barat dan Timur, serta Samudera Hindia Selatan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 17 knots (31 km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim sebesar 20 knots (46 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.5 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-2.0 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 m.

Pihak BMKG Maritim Perak Surabaya memgimbau masyarakat untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs