Sabtu, 4 Mei 2024

BMKG Imbau Waspada Hujan Lebat disertai Petir dan Angin Kencang Wilayah Jatim

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau masyarakat Jawa Timur untuk waspada terhadap hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada hari ini, Sabtu (15/10/2022).

Dikutip dari akun resmi Twitter, BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini kepada sejumlah masyarakat di wilayah di Jawa Timur terhadap hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, dan Gresik.

Sedangkan pada siang-sore hari untuk wilayah Kab. Kediiri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, dan Bondowoso. Sementara itu di malam harinya, hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat diprakirakan terjadi di wilayah Surabaya, Gresik, Tuban, dan Bangkalan.

Prakiraan suhu udara hari ini berkisar 14-34 derajat Celcuis dengan kelembapan udara 50-100 persen. Sedangkan arah angin, dominan dari Tenggara-Timur dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Sementara itu BMKG Maritim Perak, Surabaya memprakiraan cuaca di wilayah perairan Jawa Timur secara umum berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di beberapa wilayah Perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Tenggara – Selatan, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 17 Knots (31 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 12 knots (22 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.2 – 1.0 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5 – 1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-2.8 meter.

BMKG Maritim mengeluarkan warning agar masyakat waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Samudera Hindia selatan Jatim.(tik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs