Selasa, 7 Februari 2023

BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kecang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda pada Jumat (2/12/2022) mengeluarkan peringatan dini tiga harian Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kecang sesaat, mulai hari ini Jumat (2/12/2022) sampai Minggu (4/12/2022).

Pada siang sampai sore hari ini diprakirakan hujan turun di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep.

Lalu pada Sabtu (3/12/2022), cuaca serupa diprakirakan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Sumenep, Sampang, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi dan Jombang.

Berlanjut pada Minggu (4/12/2022) hujan diprakirakan turun di wilayah Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, Lamongan, Kabupaten Madiun, Pacitan, Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Malang dan Batu.

Sementara kondisi cuaca di wilayah perairan Jawa Timur hari ini diprakirakan berpotensi turun hujan ringan di seluruh wilayah.

Arah angin akan didominasi dari Selatan menuju Barat Daya dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knot (28 km/jam).

Ketinggian gelombang laut selat Madura antara 0,3 sampai 0,8 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0,5 sampai 1,3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0,8 sampai 2,5 meter.(gat/ipg)

Berita Terkait