Senin, 29 April 2024

BMKG Prakirakan Cuaca di Jatim Cerah Lagi Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Suasana di Jembatan Suroboyo di Kenjeran saat cuaca cerah. Foto : Dok. suarasurabaya.net

Seluruh wilayah di Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (30/7/2022), diprakirakan akan cerah hingga berawan selama seharian seperti sehari sebelumnya, pada Jumat (29/7/2022).

Ini seperti disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu pagi.

Suhu udara diperkirakan akan mencapai 13 sampai dengan 34 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 50 hingga 100 persen.

Sedangkan angin dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam, akan dominan berhembus dari arah Tenggara ke Timur.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak Surabaya dalam keterangannya juga memprakirakan kondisi cuaca secara umum di wilayah perairan Jatim cerah berawan.

Potensi hujan sendiri, diprakirakan hanya akan terjadi di Perairan Kalimantan Tengah bagian Timur dan Perairan Utara Bawean.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 19 knots (35 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 18 knots (33 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.5 sampai dengan 1.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.8 sampai 2.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.3 hingga 4.3 meter.

BMKG Tanjung Perak juga meminta masyarakat yang memiliki aktivitas di perairan, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Selatan Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs