Kamis, 28 Maret 2024

BMKG Prakirakan Cuaca di Jatim dan Indonesia Umumnya Hari Ini Didominasi Hujan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di kota-kota besar Indonesia akan didominasi oleh hujan dengan berbagai intensitas, Sabtu (4/6/2022), baik siang ataupun malam harinya.

BMKG Juanda Surabaya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu, di wilayah Jawa Timur pada siang sampai sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Sedangkan pada malam hari cuaca diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara berkisar 15 – 34 °C. Kelembapan udara 60 – 100%. Angin dominan dari Timur – Timur Laut dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Peringatan dini, diimbau mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang-sore hari di wilayah Trenggalek, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Sedangkan pada malam hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Tuban, Bojonegoro, Pacitan dan Tulungagung. Dini hari di wilayah Gresik, Banyuwangi, Sampang dan Sumenep.

Berikut peringatan dini 3 harian cuaca di Jawa Timur dari BMKG Juanda:


Sementara itu menurut informasi BMKG yang dikutip Antara, kota yang berpotensi mengalami cuaca hujan dengan intensitas ringan berpotensi hadir di Kota Gorontalo, Jambi, Bandung, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Kota Jayapura, Kendari, Manado serta Medan.

Kemudian hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Jakarta, Makassar dan Palembang. Hanya Kota Tanjung Pinang yang akan diimbau untuk berhati-hati karena akan mengalami hujan lebat disertai kilat dan petir pada siang harinya.

Kota yang akan mengalami cuaca cerah berawan di siang hari adalah Banda Aceh, Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Ambon, Pekanbaru dan Mamuju.

Pada siang harinya, Kota Bengkulu, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Ternate, Mataram, Kupang, Manokwari dan Padang, diprakirakan mengalami cuaca berawan. Sementara Serang akan mengalami cuaca berawan tebal.

Selanjutnya di malam hari, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, Kupang dan Manokwari.

Sementara hujan dengan intensitas sedang berpotensi hadir di Ternate dan hujan lebat disertai kilat dan petir di malam harinya akan terjadi di Pekanbaru.

BMKG menyebutkan untuk suhu di kota-kota besar itu, akan mencapai 19 hingga 34 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembabannya, diperkirakan sebesar 50 hingga 100 persen.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs