Kamis, 7 Juli 2022

BMKG Memprakirakan Hujan Merata di Wilayah Jatim Pagi sampai Malam Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan deras di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim), Kamis (26/5/2022).

Dalam informasi tertulisnya, hujan berintensitas sedang hingga deras dengan petir dan angin kencang sesaat diperkirakan terjadi merata.

Pagi hari, hujan mengguyur sejumlah wilayah Kota Surabaya, Malang, Batu, Probolinggo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.

Lalu siang sampai dengan sore hari, hujan diperkirakan mengguyur wilayah Kota Madiun, Batu, Kabupaten Bojonegoro, Madiun, Ngawi, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang.

Hujan juga diprediksi terjadi di wilayah Kota Mojokerto, Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Malang, Pasuruan, dan Sumenep pada malam hari.

Di Jatim, suhu udara akan mencapai 15-33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin akan dominan berembus dari arah Timur ke Tenggara, dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Sementara itu BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Jatim sebagai berikut:

Sementara itu, informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, Kamis (26/5/2022), kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jatim umumnya hujan sedang hingga deras.

Arah angin didominasi dari Tenggara-Barat Daya, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 23 knots (42 km/jam) dan Samudera Hindia bagian selatan Jatim 25 knots (46 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.5-1.8 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.3 m, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.0-4.0 m.

Pihak BMKG Maritim Perak Surabaya memgimbau masyarakat waspada terhadap tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia di selatan Jatim.(bil/rid)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
27o
Kurs