Sabtu, 20 April 2024

BMKG Prakirakan Musim Hujan di Jatim Datang Lebih Awal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: technology-indonesia.com

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Malang, memprakirakan musim hujan di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) akan memasuki musim hujan lebih awal, yakni di bulan September.

Prakiraan tersebut, berdasarakan perkembangan kondisi dinamika atmosfer lautan menggunakan indeks ENSO, Dipole Mode, Monsun, dan Suhu Muka Laut Perairan Indonesia.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (8/9/2022), meski beberapa wilayah sudah memasuki musim hujan pada September, namun lebih dari setengah wilayah Jatim, diprakirakan baru mengalami awal musim hujan pada Oktober.

Anung Suprayitno Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Malang dalam keterangan tersebut menjelaskan, wilayah Jatim terbagi menjadi 74 ZOM atau Zona Musim. Saat ini, rata-rata wilayah Jatim masih memasuki musim kemarau. Akan tetapi, sejumlah wilayah telah memasuki musim hujan pada 10 hari pertama bulan September.

“La Nina dan Dipole Mode Negatif dapat meningkatkan curah hujan di Indonesia, dan diprediksi masih bertahan sampai akhir tahun 2022,” tulisnya.

Anung juga menyebut, sebanyak 42 ZOM atau 56,8 persen daerah di Jatim akan masuk musim hujan pada bulan Oktober.

Daerah Jatim yang memasuki musim hujan paling awal atau September dasarian I, terjadi di ZOM 17. Antara lain bagian utara Trenggalek – Tulungagung, bagian timur Ponorogo, dan bagian barat Kediri. Sedangkan paling akhir atau pada November dasarian III, diprakirakan terjadi di ZOM 55, yaitu bagian timur Situbondo.

“Puncak Musim Hujan 2022/2023 diprakirakan terjadi pada bulan Desember 2022 hingga Februari 2023,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Anung memaparkan, sifat hujan pada musim hujan 2022/2023 ini diprakirakan atas normal meliputi 63 ZOM (85.1 persen) dan normal meliputi 11 ZOM (14.9 persen). Lalu, curah hujan selama musim hujan 2022/2023 diprakirakan berkisar antara 500 hingga 2500 mm.

Anung mengimbau masyarakat Jatim untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada masa peralihan, dan potensi bencana hidrometeorologi selama musim hujan.

Sementara untuk info lengkap Buletin Prakiraan Musim Hujan 2022/2023 Provinsi Jawa Timur, dapat diunduh di https://staklim-jatim.bmkg.go.id/b/musim.pdf atau bit.ly/PMHJATIM22. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs