Senin, 6 Mei 2024

BMKG Prakirakan Sejumlah Besar Wilayah Jatim Hari Ini Cerah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca panas.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) merilis informasi cuaca untuk wilayah Jawa Timur (Jatim), pada Kamis (30/6/2022) dan Jumat (1/7/2022) dini hari. Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, sebagian besar wilayah Jatim akan cerah berawan, meskipun terdapat beberapa daerah yang berpotensi diguyur hujan dengan skala sedang hingga lebat.

Wilayah yang diprakirakan diguyur hujan, yakni Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi pada siang dampai dengan sore hari. Sementara itu, pada Jumat dini hari, hujan akan mengguyur wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Arah angin pada hari ini akan dominan dari arah Tenggara ke Timur dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam. Sedangkan untuk suhu udara, diprakirakan menyentuh angka 15 sampai dengan 34 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 15 sampai dengan 95 persen.

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, secara umum kondisi cuaca di sebagian wilayah perairan Jatim hari ini berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang, berlaku mulai pukul 07.00 WIB.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 17 Knots (31 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 25 knots (46 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.3-1.3 m, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-1.5 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5-5.3 m.

BMKG Maritim Perak Surabaya juga memgimbau masyarakat, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs