Kamis, 25 April 2024

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Jatim Seharian Berpotensi Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Jawa Timur seharian ini, Senin (7/11/2022), berpotensi diguyur hujan.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan diprakirakan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, pada Senin pagi hingga Selasa (8/11/2022) dini hari.

Pada pagi hari, hujan berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Malang, Lumajang, Probolinggo dan Sumenep, serta Kota Pasuruan.

Sedangkan hujan pada siang sampai sore hari, diperkirakan melanda wilayah Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang. Juga di Kota Malang, Batu, Blitar dan Kediri.

Adapun pada malam hari, di wilayah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Bojonegoro, Ngawi, Lumajang dan Bangkalan diprakirakan akan turun hujan. Belum ada informasi terkait prakiraan wilayah mana saja yang akan dilanda hujan pada Selasa dini hari.

Suhu udara di Jatim, ada di kisaran 14 sampai 34 derajat celcius. Sedangkan kelembapan udara ada di angka 60 sampai 100 persen. Angin akan dominan berhembus dari arah Tenggara ke Timur, dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer perjam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak menginformasikan secara umum kondisi cuaca berpotensi hujan ringan – sedang di sebagian besar wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Selatan dan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 12 knots (22 kilometer perjam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.1-1.0 meter, serta Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter.

BMKG Maritim juga mengimbau masyarakat yang punya aktivitas di wilayah perairan, untuk mewaspadai tinggi gelombang mencapai 2.5 meter di Samudera Hindia selatan Jatim. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
29o
Kurs