Kamis, 25 April 2024

BMKG: Waspada Hujan Lebat hingga Gelombang Tinggi di Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Gelombang laut tinggi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah Jawa Timur akan dilanda hujan pada Sabtu (5/11/2022) hingga Minggu (6/11/2022) dini hari.

Lewat keterangan tertulis BMKG Juanda, masyarakat diimbau terhadap peringatan dini untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari untuk wilayah Gresik, Trenggalek, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Sumenep.

Siang-Sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Tuban, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Saat malam hari di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Ngawi, Kab. Kediri, Kab. Malang dan Batu. Kemudian dini hari untuk wilayah Gresik, Tuban dan Bojonegoro.

Suhu di udara di Jatim berkisar 14-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Arah angin dominan dari Tenggara ke Timur dan kecepatan mencapai 5-30 kilometer per jam.

Sementara, BMKG Maritim Jawa Timur juga mengeluarkan peringatan terhadap masyarakat pesisir pantai untuk waspada terhadap gelombang tinggi di Selat Madura antara 0,1-0,3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0,1-0,8 meter dan Selat Hindia Selatan Jatim antara 1,0-2,5 meter.

Arah angin didominasi dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 14 Knots (26 kilometer per jam) dan Selat Hindia selatan Jatim sebesar 13 knots (24 kilometer per jam).(tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
29o
Kurs