Kamis, 25 April 2024

BMKG: Siang sampai Malam Hari, Beberapa Wilayah Jatim Berpotensi Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: technology-indonesia.com

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, cuaca di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim) Jatim pada Jumat (2/9/2022) siang sampai dengan malam hari ini, kembali berpotensi diguyur hujan.

Hujan diprakirakan turun dengan intensitas sedang, hingga lebat disertai petir.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Jumat pagi, hujan akan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi, pada siang sampai dengan sore hari.

Sementara untuk malam hari, hujan diprakirakan mengguyur wilayah Kabupaten Tuban.

Suhu udara di Jatim, akan mencapai 15 sampai 37 derajat Celcius, dengan kelembapan udara di angka 35 hingga 100 persen. Sedangkan untuk kecepatan angin berkisar lima sampai 40 kilometer per jam, dominan dari arah Timur ke Tenggara.

Informasi seputar cuaca di wilayah perairan Jatim juga disampaikan BMKG Maritim Tanjung Perak. Secara umum kondisi cuaca di seluruh wilayah perairan Jatim cenderung berawan.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 19 Knots (35 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (31 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.0-4.0 meter.

BMKG Maritim Tanjung perak juga mengimbau masyarakat yang memiliki aktivitas di wilayah perairan, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs