Jumat, 26 April 2024

BMKG: La Nina Melemah Picu Peningkatan Curah Hujan Hingga November

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di laut karena La Nina. Foto: Pexels

Dwikorita Karnawati Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut La Nina yang melemah memicu peningkatan curah hujan hingga November 2022.

Dwikorita dalam konferensi pers-nya secara daring, Rabu (31/8/2022), yang dikutip Antara mengatakan, hingga pertengahan Agustus 2022 pemantauan anomali iklim global terhadap Samudra Pasifik ekuator menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung dengan intensitas lemah, dengan nilai anomali suhu di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur sebesar -1,04.

Sementara itu, kondisi anomali suhu muka laut di Samudera Hindia menunjukkan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) dalam kondisi negatif, dengan indeks dipole mode sebesar -1,0.

“Artinya, kombinasi antara La Nina lemah dengan dipole mode sebesar -1,0 dan fenomena minus IOD itu akan tetap bertahan hingga November 2022. Kombinasi antara La Nina lemah dengan Indian Ocean dipole yang negatif mengakibatkan kontribusi pada meningkatnya curah hujan di Indonesia,” ujar dia.

Dwikorita menyebut hingga November 2022, akan terjadi peningkatan curah hujan. Peningkatan ini antara lain disebabkan oleh La Nina yang lemah dan juga oleh suhu muka air laut di Indonesia yang menghangat sampai November.

Sebelumnya, hasil pemantauan perkembangan musim kemarau 2022 hingga akhir Agustus 2022, menunjukkan bahwa sebagian besar zona musim di wilayah Indonesia atau 265 zona musim (ZOM) atau 37,9 persen ZOM telah memasuki musim kemarau. Namun, belum semua wilayah Indonesia memasuki musim kemarau.

Merujuk pada normalnya pada akhir bulan Agustus, seharusnya sudah 336 ZOM atau 50,22 persen telah memasuki musim kemarau. Artinya ada keterlambatan musim kemarau, di mana hanya 37,9 persen ZOM sesuai yang diprediksi. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs