Jumat, 29 Maret 2024

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Perairan Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto : Antara

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai gelombang tinggi hingga empat meter di perairan Indonesia pada 6 sampai 7 September 2022.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara, Selasa (6/9/2022), BMKG menyebutkan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar lima sampai 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, dominan bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan angin berkisar lima sampai 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan selatan Banten – Jawa Barat, Laut Sulawesi dan Laut Arafuru bagian timur.

Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh – Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu – Lampung, Selat Sunda bagian barat, perairan selatan Jawa Tengah – Sumba, perairan Pulau Sawu – Rote, Laut Sawu bagian selatan, Laut Sulawesi, perairan utara Biak – Jayapura, Laut Arafuru bagian timur.

Sedangkan gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,50 – 4,0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, perairan selatan Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa. Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter).

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs