Rabu, 24 April 2024

BMKG: Waspadai Potensi Hujan di Beberapa Wilayah Jawa Timur Pada Siang Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan. Grafis: Suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klomatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini pada Jumat (15/4/2022).

Dalam informasi tertulisnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat, diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur, antara lain:

Pada pagi sampai dengan siang hari, hujan diprakirakan bisa terjadi secara merata di seluruh wilayah Jawa Timur.

Sementara hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir pada siang sampai dengan sore hari, akan mengguyur wilayah Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Jombang, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Bangkalan, Kota Mojokerto, Malang, Batu, dan Probolinggo.

Sedangkan pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan kembali mengguyur seluruh wilayah Jawa Timur secara merata.

Di Jawa Timur, suhu udara akan mencapai 13 – 34 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 – 95 persen. Angin akan dominan berhembus dari tenggara ke timur, dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada, Jumat (15/4/2022), kondisi cuaca di seluruh wilayah perairan Jawa timur umumnya berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dapat terjadi di Perairan Kalimantan tengah bagian timur, Laut Jawa bagian Timur Masalembo, Perairan Kepulauan Kangean, Perairan Selatan Jatim, dan Samudera Hindia Selatan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur – Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 14 knots (26 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 18 knots (33 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 m, Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.3 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 m. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs