Kamis, 2 Mei 2024

BNPB: 80 Persen Korban Meninggal dalam Bencana Merupakan Korban Gempa Bumi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas gabungan mengevakuasi korban yang meninggal dunia akibat gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Foto: Humas LMI

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 80 persen dari 844 jiwa meninggal akibat bencana di Indonesia pada tahun 2022, merupakan korban gempa bumi.

Abdul Muhari Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin (26/12/2022), menyebut korban gempa tersebut berasal dari dua kali gempa signifikan.

“Selama 2022 dari korban yang 844 itu, mungkin 80 persennya dari gempa, meskipun kalau kejadian bencana lebih dari 95 persen itu akibat hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor,” kata Abdul seperti dikutip dari Antara.

Padahal menurut Abdul, kejadian gempa dari 1 Januari hingga 25 Desember, tercatat 28 kali kejadian bencana gempa ketimbang kejadian banjir sebanyak 1.493 kali.

BNPB mencatat 3.461 kali bencana terjadi di Indonesia dan fenomena alam yang paling mendominasi yakni bencana tanah longsor.

Terdapat sejumlah provinsi yang masih merupakan wilayah tertinggi kejadian bencana yakni Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs