Sabtu, 2 Maret 2024

BNPB Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem pada Momen Liburan Nataru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tren berwisata glamping yang sedang digemari masyarakat harus jadi perhatian khusus saat ada potensi cuaca ekstreem pada momen libur Nataru. Foto: tripcanvas.co.id

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan kesiapsiagaan masyarakat yang akan berwisata dengan cuaca ekstrem yang mungkin terjadi pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Abdul Muhari Plt. Kepala Pusat (Kapus) Data dan Informasi Kebencanaan BNPB dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin (26/12/2022) kemarin, mengatakan kewaspadaan khususnya untuk masyarakat yang berwisata di kawasan sungai, air terjun, dan pantai.

Untuk masyarakat yang berlibur di aliran sungai dan air terjun, terutama yang mengikuti tren berwisata glamping harus siaga jika terjadi hujan deras lebih dari dua jam.

“Kalau terjadi hujan lebih dari dua jam visibility (pandangan) kita kurang, maka segera dulu naik ke tempat yang lebih aman. Tunggu sampai hujan reda satu sampai dua jam, lihat kalau tidak terjadi peningkatan debit signifikan baru boleh kembali lagi,” ujarnya dikutip Antara.

Kemudian, untuk masyarakat yang berwisata di pinggir pantai, Abdul mengingatkan agar selalu memastikan informasi cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Karena biasanya membawa gelombang pasang,” imbuhnya.

BMKG sebelumnya mengumumkan pada momen libur Nataru 2023, potensi cuaca ekstrem masih ada karena anomali cuaca di beberapa tempat.

Sementara Kementerian Perhubungan menyampaikan ada 44 juta masyarakat yang berpergian untuk liburan dan di tengah pandemi Covid-19 yang mulai landai. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
26o
Kurs