Senin, 6 Februari 2023

BNPB Targetkan Relokasi Warga Terdampak Gempa Cianjur Selesai Juni 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kerusakan bangunan SDN Cugenang akibat gempabumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: BPBD Kabupaten Cianjur

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menargetkan relokasi warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, selesai pada Juni 2023.

“Kita sudah buatkan timeline, selesainya kan di bulan Juni (2023), tapi sekarang ini sudah mulai beberapa lokasi kita bangunkan rumah contoh,” ujar Jarwansyah Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rabu (7/12/2022).

Jarwansyah mengatakan rumah contoh yang dibangun sebanyak 1-2 unit di setiap kecamatan terdampak, nantinya juga akan diserahterimakan pada warga terdampak. Kriteria rumah yang dibangun adalah rumah tahan gempa tipe 36.

Dia menyebutkan dari 60.000 KK terdampak, 50 persen rumah rusak ringan, 20 persen rusak berat dan 30 persen rusak sedang.

Sejak minggu lalu, pemerintah daerah Kabupaten Cianjur dan BNPB telah mengimbau masyarakat yang rumahnya rusak ringan dan rusak sedang agar bisa kembali ke rumahnya masing-masing, karena intensitas gempa semakin lama semakin menurun.

BNPB memberikan dana tunggu hunian selama 2-3 bulan bagi warga yang rumahnya rusak berat untuk memenuhi kebutuhannya saat menumpang di rumah saudaranya, atau berada di hunian sementara.

BMKG mencatat gempa bumi terjadi pukul 13.21 WIB pada Senin, 21 November 2022. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km, dam tidak berpotensi tsunami.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait