Kamis, 9 Februari 2023

Penyintas Gempa Cianjur, Komunitas Surabaya Ini Berhasil Kumpulkan Donasi Rp23 Juta

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Serah terima donasi IKASmadabaya ke Brigjend Mar Dr. Hermanto Komandan Pasmar 1 Korps Marinir TNI AL. Foto: Istimewa

Berkolaborasi dengan Pasukan Marinir (Pasmar) 1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL), Ikatan Alumni SMA Negeri Dua Surabaya (IKASmadabaya) menginisiasi gerakan pengumpulan donasi ‘Peduli Gempa Cianjur’ dan berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp23.687.210.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (6/12/2022), dalam hal ini Pasmar 1 Korps Marinir TNI AL berperan aktif dalam membantu pemetaan wilayah terdampak, melakukan proses evakuasi, dan pendistribusian bantuan ke masyarakat.

Serah terima bantuan dilakukan pada Kamis (1/12/2022) lalu, kepada Kolonel Marinir Carles Arianto Lumban Gaol Asisten Intelijen Komandan Pasmar 1, sekaligus pendistribusian ke lokasi terdampak di Cianjur, yakni berupa barang-barang kebutuhan yang sudah didata, yakni antara lain keperluan bayi, mandi, pakaian dalam, selimut, sandal jepit, sepatu boot, tikar, senter, dan kebutuhan kewanitaan.

Berdasarkan survei di lapangan, rata-rata donasi yang diterima berupa bahan makanan sehingga terjadi penumpukan. Dalam hal ini, IKASmadabaya terus berkoordinasi dengan Satgas Pasmar 1, agar donasi diberikan dapat diharapkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Serah terima donasi IKASmadabaya ke Brigjend Mar Dr. Hermanto Komandan Pasmar 1 Korps Marinir TNI AL. Foto: Istimewa

Donasi dilakukan tahap kedua, di mana tim IKASmadabaya kembali lagi ke Cianjur pada 3-4 Desember 2022.

Kunjungan tim IKASmadabaya yang kedua ini, mereka mengajak team trauma healing untuk menyampaikan healing baik berupa konseling maupun bermain bersama, mewarnai, dan menggambar bersama.

Trauma healing ini dilakukan di Poskotis Kampung Grogol, Desa Cibalukan, Cianjur dan dua lokasi posko lain.

Trauma healing adalah salah satu inisiasi dari IKASmadabaya, dalam upaya supaya penyintas gempa mampu mengalihkan pikiran negatif terhadap bencana agar tidak berlarut larut dalam kesedihan serta bisa mengambil hikmahnya dan bisa menjalani kehidupan ke depan.

Bersamaan dengan metode trauma healing, IKASmada juga menghibur dengan membawa mainan anak-anak, susu, dan makanan ringan.

Yuly Dumpil Koordinator Kegiatan Donasi IKASmadabaya Korwil Jabodetabek (Koordinator Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) mengungkapkan donasi yang diberikan dapat meringangkan beban dan kesulitan masyarakat terdampak.

“Kami menyadari jumlah yang kami donasikan ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat terdampak. Namun demikian kami memberanikan diri untuk mengetuk hati nurani para alumni. Betapapun jumlah yang kami berikan, adalah simbol kepedulian kemanusiaan dan soldaritas dari kami,” ungkapnya.

Serah terima donasi IKASmadabaya ke Brigjend Mar Dr. Hermanto Komandan Pasmar 1 Korps Marinir TNI AL. Foto: Istimewa

Nora Lelyana Ketua IKASmadabaya juga mengatakan, bahwa donasi tersebut tidak hanya berasal dari Surabaya saja, tetapi dari seluruh Indonesia.

“Keluarga besar Alumni SMA Negeri Dua Surabaya, memiliki komitmen dan kepedulian akan terus berkontribusi dalam memajukan kemakmuran masyarakat dan mempererat persatuan bangsa,” katanya.

Selain itu, Brigjend Marinir Hermanto Komandan Pasmar 1 mengucapkan terima kasih dan menghargai inisiasi IKASmadabaya dalam aksi peduli sosial ini.

Dalam kesempatan ini juga, IKASmadabaya juga berkesempatan menyerahkan bantuan ke desa Gasol yang diwakili oleh Siti Ucu Holisoh Kepala Desa Gasol.

Siti mengucapkan terima kasih dan berharap donasi yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat penyintas gempa Cianjur.

Walaupun masyarakat sudah mulai memasak sendiri, namun mereka masih mengalami krisis air bersih karena infrastruktur yang rusak imbas dari gempa dan Siti berharap bahwa akan ada solusi untuk krisis air bersih yang dihadapi oleh masyarakat.

Sebagai informasi, pada Senin (21/11/2022) gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur dan sekitarnya hingga pada Senin (5/12/2022) telah terjadi gempa susulan sampai dengan 378 kali.(rum/ipg)

Berita Terkait