Minggu, 28 April 2024

BNPT: Korban Kejahatan Terorisme di Indonesia Meningkat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Data Global Terrorism Index 2022 menunjukkan korban kejahatan terorisme di Indonesia meningkat. Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengatakan, korban terorisme dalam data tersebut meningkat akibat eskalasi yang terjadi khususnya di Papua tahun lalu.

Ia menyayangkan bahwa tren data Global Terrorism Index 2022 yang mengkaji tentang dampak terorisme pada suatu negara termasuk jumlah korban dan kematian, terjadi penurunan jumlah korban secara global. Namun sayangnya di Indonesia justru terjadi peningkatan.

“Ini sesuai dengan yang telah dirilis oleh pemerintah bahwa aksi kekerasan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dikategorikan sebagai kejahatan terorisme,” ungkap Boy dalam kegiatan hari internasional untuk peringatan dan penghormatan bagi korban terorisme 2022 di Jakarta, Minggu (21/8/2022), mengutip Antara.

Berdasarkan pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Jokowi Presiden pada Sidang Tahunan MPR RI 16 Agustus 2022, kepala negara mengatakan Indonesia memiliki kekuatan untuk membangun bangsa dengan bonus demografi.

Jumlah penduduk yang cukup besar dan didominasi oleh usia produktif akan menjadi motor penggerak dan menghadapi kompetisi global. Berangkat dari itu, diyakini Indonesia juga bisa mendukung pemulihan korban terorisme termasuk melawan tindakannya.

BNPT sendiri telah mengadakan berbagai program yang melibatkan penyintas terorisme selama beberapa waktu terakhir. Salah satunya yakni bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberikan bantuan medis, psikososial, psikologis, hingga penyaluran santunan dan kompensasi.

Tidak hanya itu, BNPT juga menginisiasi silaturahmi kebangsaan yang mempertemukan mantan narapidana terorisme dengan penyintas terorisme.

“Tujuannya untuk membangun budaya memaafkan dan rekonsiliasi,” kata jenderal yang menyandang gelar adat Datuak Rangkayo Basa tersebut.(ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs