Jumat, 19 April 2024

BP2MI: Hati-hati Dengan Rekrutmen Pekerja Migran Via Daring

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Benny Rhamdani, Kepala BP2MI (kanan) dan Suyanto, Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/8/2022). Foto: Antara

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan tawaran menjadi pekerja migran via daring yang dapat menjadi modus penempatan tidak sesuai prosedur seperti kasus WNI di Kamboja.

Dalam konferensi pers di Kantor BP2MI di Jakarta, Selasa (23/8/2022) yang dilansir dari Antara, Brigjen (Pol) Suyanto, Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI mengatakan calon PMI yang menjadi korban penipuan di Kamboja kebanyakan ditempatkan melalui perekrutan berjenjang (multi level) dan tawaran di media sosial.

“Modelnya itu kayak multi level. Jadi rekan-rekan mereka baik yang ada di Kamboja maupun di negara lain mungkin saling menyebar konten-konten itu,” kata Suyanto.

Para calon tenaga kerja Indonesia (TKI) itu juga melihat tawaran di media sosial dan kemudian tertarik dengan tawaran gaji tinggi dan pekerjaan mudah.

Selain itu, iklan daring itu juga menawarkan kemudahan untuk bekerja di luar negeri dan tidak melewati tahapan prosedur seperti yang perlu dilakukan lewat jalur resmi.

“Ini harus diperhatikan oleh adik-adik kita kalau memang mau melamar dibuka dulu profil perusahaan, apakah memiliki izin atau berbadan hukum dan memiliki izin dari Kemnaker atau dari kita,” katanya.

Pada kesempatan itu, Benny Rhamdani, Kepala BP2MI mengatakan bahwa, pemerintah telah memulangkan 241 calon PMI terkait kasus penipuan daring di Kamboja.

Tidak hanya itu, BP2MI berkolaborasi dengan kementerian/lembaga lain juga berhasil menggagalkan pemberangkatan 215 WNI ke Kamboja dari Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara setelah mendapatkan informasi dari Kementerian Luar Negeri pada 12 Agustus 2022.

Benny memastikan bahwa pihaknya akan terus menguatkan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, TNI/Polri, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan Kementerian Koordinator PMK, Satgas Penanganan Covid-19 dan otoritas bandara untuk menangani perihal isu PMI terkendala dari Kamboja. (ant/gat)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs