Jumat, 29 Maret 2024

BPOM Sebut Banyaknya Produk Ilegal di Batam Akibat Dekat dengan Negara Tetangga

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bagus Heri Purnomo Kepala BPOM Batam. Foto: Antara

Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam masih banyak menemukan produk kosmetik dan pangan tanpa izin edar atau ilegal di Batam, Kepulauan Riau.

“Dari hasil pengawasan kami, masih ada produk kosmetik, produk pangan olahan yang tanpa izin edar di Kepulauan Riau,” ujar Bagus Heri Purnomo Kepala BPOM Batam.

Seperti yang dilansir Antara, Senin (25/7/2022). Bagus menjelaskan mudahnya produk kosmetik dan pangan tanpa izin edar masuk ke Batam karena Batam berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, di antaranya Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

“Ini memang sangat beresiko, masuknya produk-produk ilegal ini karena letak Batam yang berdekatan dengan negara-negara tetangga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, produk kosmetik ilegal yang lebih mendominasi. Sebagian besar produk tersebut berasal dari Singapura dan China, sehingga BPOM Batam telah melakukan penarikan hingga mengajukan sanksi bagi para pemasok.

“Kami bisa melakukan penarikan dan ada juga sanksi yang kita ajukan ke kejaksaan,” ucapnya.

Bagus menyebutkan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih intensif terhadap produk-produk yang masuk ke Batam.

“Edukasi kepada masyarakat juga harus digiatkan agar mereka cerdas memilih produk kosmetik dan makanan,” ungkapnya. (ant/des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs