Senin, 6 Februari 2023

BPS: APS Usia 7-12 Tahun di Jatim Capai di Atas 98 persen

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar Negeri (SDN) akan membuka pendaftaran jalur zonasi mulai Selasa (7/6/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Data Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) menunjukkan angka partisipasi sekolah (APS) secara umum mencapai 98 persen. Capaian tersebut, merinci pada kelompok usia tujuh sampai 12 tahun di kabupaten/kota di Jatim.

“Hal tersebut menerangkan bahwa kondisi menunjukkan sebagian besar penduduk kelompok usia tujuh hingga 12 tahun di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur hampir seluruhnya sudah mengakses pendidikan,” ujar Dadang Hardiwan Kepala BPS Jatim dikutip kominfo.jatimprov.go.id, Jumat (2/12/2022).

Melansir laman resmi BPS Jatim, Laporan Statistik Pendidikan di Jatim 2021 yang tercatat pada tanggal 1 Desember 2022, menunjukkan capaian APS di masing-masing kabupaten/kota pada setiap kelompok usianya relatif sama antar wilayah yang berdekatan.

Selain itu, lanjut Dadang, semuanya memiliki karakterteristik yang sejenis, khususnya di kelompok usia tujuh sampai 12 tahun.

Laporan Statistik Pendidikan di Jatim 2021 yang tercatat per tanggal 1 Desember 2022. Foto: BPS Jatim

Adapun dalam laporan tersebut, presentase APS tertinggi ada di Kabupaten Tuban dengan capaian 99,90 persen, sementara terendah ada di Kota Madiun dengan 98,08 persen.

Kepala BPS Jatim itu menyebut, upaya peningkatan pendidikan dasar dan menengah bagi penduduk Jatim melalui program wajib belajar, berhasil mendorong peningkatan APS pada setiap jenjang kelompok usia sekolah.

“Upaya tersebut diperkuat dengan program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bidang pendidikan lainnya, seperti program pendidikan usia dini, peningkatan mutu pendidikan dan tenaga pendidik, serta program rencana jangka panjang dengan merintis wajib belajar 15 tahun,” kata Dadang. (bil/ipg)

Berita Terkait