Rabu, 17 Juli 2024

Bulan Depan, Wisata Perahu Kalimas Perpanjang Rute dan Hadirkan Spot Restoran Apung

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana Wisata Air Kalimas pada malam hari. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, akan menambah rute Wisata Perahu Kalimas mulai bulan Desember 2022.

Selain itu, akan ada lima spot restoran apung yang tersebar di dekat dermaga.

Wiwiek Widayati Kepala Disbudporapar Kota Surabaya menyampaikan selain menambahkan spot baru di Tunjungan Romansa Desember nanti, sensasi baru juga akan disuguhkan untuk penumpang Wisata Perahu Kalimas.

Dua rute, panjang dan pendek yang sekarang sudah berjalan, akan ditambah satu lagi. Rencananya rute diperpanjang ke kawasan Pandean.

“Tunjungan Romansa sudah pasti, Desember, penguatan di susur Sungai Kalimas kita ada buka dermaga yang menuju ke Pandean, rute itu ditambah sampai Pandean,” kata Wiwiek ditemui suarasurabaya.net usai gelaran Grand Final Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya Tahun 2022, Sabtu (12/11/2022) malam.

Belum diketahui pasti, apakah penambahan rute itu akan dihubungkan dengan wisata Museum Bung Karno di kawasan Peneleh atau tidak. Tapi yang pasti, Pemkot Surabaya akan menghadirkan restoran apung.

Setidaknya ada lima spot restoran apung tersebar di beberapa titik yang sedang dibahas Pemkot Surabaya. Salah satunya, lanjut Wiwiek, Sentra Wisata Kuliner (SWK) di area Taman Prestasi akan turun ke sungai.

“Yang sedang digagas akan banyak dermaga seperti restoran apung ya, pasar apung juga ada. Berapa UMKM (yang terlibat)? banyak, yang jelas ada lima spot pasar apung yang salah satunya depan SWK Taman Prestasi turun di sekitar situ,” jelasnya.

Setidaknya dua wisata itu yang menjadi fokus Disbudporapar sekarang. Untuk wisata baru lainnya termasuk penambahan kawasan Ampel rencananya digarap tahun 2023.

Sebelumnya diberitakan seiring meningkatnya jumlah wisatawan, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya berencana memperbanyak lokasi wisata yang akan direalisasikan paling lama pada 2023.(lta/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
27o
Kurs