Jumat, 19 April 2024

Rute Panjang Wisata Kalimas Surabaya Resmi Dibuka

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pemandangan rute panjang Wisata Air Kalimas malam hari, Sabtu (4/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Rute panjang Wisata Air Kalimas Surabaya resmi dibuka mulai Sabtu (4/6/2022) sore kemarin. Rute panjang tersebut, mulai dari Monkasel hingga Siola dan melewati beberapa dermaga.

“Monkasel ke Siola lewat Dermaga Taman Prestasi (Tapres), Dermaga Grahadi, Dermaga Taman Ekspresi, Museum Pendidikan, dan Siola,” jelas Rusdi Hismet Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya saat ditemui suarasurabaya.net Sabtu malam di Dermaga Monkasel.

Dalam rute panjang yang dibanderol dengan harga tiket Rp10 ribu, penumpang sudah bisa masuk ke Monumen Kapal Selam, menaiki perahu rute panjang, sekaligus mampir masuk ke Museum Pendidikan.

“Jadi Monkasel-Siola, pas balik nanti mampir ke Museum Pendidikan. Diberi waktu 15 menit untuk masuk. Dalam perjalanan pulang menuju ke Monkasel lagi, akan mampir sebentar di Dermaga Taman Prestasi untuk belanja di pasar apung. Sepanjang perjalanan, di tengah-tengahnya ada pemain musik saksofon di atas perahu juga. Tapi untuk pasar apung dan saksofon rencananya masih saat malam minggu,” ujar Hismet.

Loket penukaran tiket di Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya sudah dibuka mulai pukul 15.00 WIB. Lokasi untuk para penumpang yang menginginkan naik perahu dengan rute panjang mulai dari Monkasel hingga Siola dan melewati beberapa dermaga.

Hanya dalam hitungan jam, seluruh tiket rute panjang selama dua hari pasca dibuka habis diserbu penumpang. Terlihat dari jadwal di website tiketwisata.surabaya.go.id mulai 15.00-21.00 WIB yang bertuliskan kuota habis ketika diklik.

Sementara itu, sejak Wisata Air dari Dermaga Monkasel resmi dibuka, jadwal rute pendek yang tersedia dari Dermaga Taman Prestasi sementara sudah penuh hingga 6 Juni 2022 sehingga di website hanya ada pilihan rute panjang.

“Yang dari Taman Prestasi, semua tiket sampai tanggal 6 Juni sudah terbooking sehingga sementara pilihan rute dari situ (Taman Prestasi) tidak ada di online. Tapi offline pun kita tidak melayani, semuanya lewat website,” kata Feri Murgianto Koordinator Wisata Air Kalimas saat dikonfirmasi suarasurabaya.net di Dermaga Monkasel, Sabtu (4/6/2022).

Begitu pula dengan tiket rute panjang, untuk 4-5 Juni 2022 sudah habis. Namun untuk 6 Juni, masih akan dibuka pada Minggu (5/6/2022) sore.

“Biasanya secara sistem akan dibuka antara jam 3 sampai jam 5 sore. Jadi pantau saja di websitenya itu,” kata Feri.

Sementara jumlah tiket yang tersedia untuk Dermaga Monkasel memang tidak sebanyak Dermaga Taman Prestasi yang mencapai 1600 tiket.

“Kalau di sini 24 tiket per sesinya. Sehari 6 sesi berarti 144,” tambahnya.

Sejak kembali dibuka, Wisata Air Kalimas start dari Dermaga Taman Prestasi buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Tapi kedepan, lanjut Feri, rencananya akan disamakan dengan Dermaga Monkasel yaitu mulai sore hari.

“Mulai jam 3 semua nanti rencananya. Karena, peminatnya rata-rata sore,” tambahnya lagi.

Meski demikian, rencana itu baru akan terealisasi pada 9 Juni mendatang, karena pada 7-8 Juni Wisata Air Kalimas akan berhenti operasi sementara.

“Ada pengerjaan pengerukan sungai Kalimas dari dinas terkait (Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya) selama 2 hari,” pungkasnya.

Hadirnya wajah baru Wisata Air Kalimas ini menjadi daya tarik bagi warga Surabaya. Salah satunya Indah, warga Jalan Medokan Asri Timur yang langsung mengajak total 10 anggota keluarga untuk mencoba wahana tersebut.

“Wisata murah meriah, tidak perlu jauh-jauh ke Sarangan. Saya langsung booking untuk 10 orang,” kata Indah sambil asyik menikmati pemandangan malam hari naik perahu Wisata Air Kalimas. (lta/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs