Kamis, 25 April 2024

Bursa Kerja Pemkot Surabaya Sediakan Seribu lebih Lowongan untuk Tekan Pengangguran

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Achmad Zaini Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar bursa kerja untuk kedua kalinya, selama dua hari mulai Selasa (6/12/2022) besok. Nantinya, sebanyak 1.318 lowongan siap mencari pekerja dalam gelaran tersebut.

Achmad Zaini Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya berharap, upaya itu bisa terus menekan angka pengangguran, meski diklaim Pemkot berhasil diturunkan drastis.

Gelaran itu merupakan kerja sama antara pemkot, Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya, UHW Perbanas, Apsilangga, dan 46 perusahaan, dan dilaksanakan di Convention Hall Jalan Arief Rahman Hakim.

“Bursa kerja ini sudah yang kedua kalinya kami gelar tahun 2022 ini. Pertama digelar di Balai Pemuda atau Alun-alun Surabaya dan yang kedua kali ini. Tujuan utama dari bursa kerja ini adalah untuk memberikan peluang kerja kepada warga Surabaya, sehingga angka pengangguran bisa terus ditekan, meskipun saat ini Angka Pengangguran Terbuka di Surabaya sudah turun drastis,” kata Achmad Zaini, Senin (5/12/2022).

Selain lowongan kerja, dia memastikan ada tes kerpibadian hingga layanan konsultasi tentang bakat dan minat para pengunjung atau calon pekerja.

“Bursa kerja ini dan konseling karir ini hanya dikhususkan bagi warga Kota Surabaya. Jadi, saya mohon kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk memanfaatkan peluang ini, ayo daftar dan datang ke acara tersebut,” tegasnya.

Terkait pendaftaran, tambah Zaini, sudah bisa dilakukan beberapa hari lalu dan terus dibuka hingga pelaksanaan. Meski pendaftaran harus melalui aplikasi, namun bisa juga diakses saat datang ke lokasi.

“Pendaftarannya itu bisa langsung scan barcode yang sudah kami sebar. Nanti akan ada panduan pendaftarannya juga di situ serta perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan sekaligus persyaratan yang harus dilengkapi. Jadi, kita mempermudah para pelamar untuk mendaftar,” tegasnya.

Usai daftar secara online, melalui disnaker.surabaya.go.id/assik. Besoknya, peserta bisa langsung menuju perusahaan yang dilamar.

“Jadi, kalau kami boleh memberikan saran, lebih baik daftar dari sekarang, sehingga nanti di Convention Hall bisa sebentar. Kalau sudah daftar dari sekarang, maka nanti di Convention Hall bisa langsung menuju ke perusahaan yang dilamar atau diminati, sehingga bisa lebih cepat,” katanya.

Bisa jadi, nantinya perusahaan yang dilamar tersebut akan langsung melakukan proses wawancara para pelamar di jadwal pelaksanaan itu.

“Kalau sudah melamar dari sekarang, maka di Convention Hall tinggal dicek data-datanya yang sudah dikirim, lalu diwawancarai oleh HRD perusahaan,” katanya.

Sementara hingga, Senin (5/12/2022) hari ini, sudah ada 1.500an pendaftar terdata secara online. Sementara, gelaran pertama, dari sekitar 4.500 pengunjung, berhasil mengisi 1.100 lowongan dari total 1.400 yang tersedia. “Yang di Balai Pemuda itu 4.500an pengunjung. Lokernya 1.400an, diisi 1.100 dari yang hadir,” jelas Kadisperinaker.

Zaini juga mengulas alasan kerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya, yang merupakan perkumpulan ibu-ibu. Pemkot ingin seorang ibu tidak hanya mengantarkan anak-anaknya dalam dunia pendidikan, tapi juga sampai pada dunia kerja.

“Oleh karena itu, ayo manfaatkan peluang langka ini. Warga Surabaya yang masih pengangguran bisa daftar dan datang langsung ke Convention Hall. Semoga nanti ada perusahaan yang cocok dan bisa langsung kerja, sehingga pengangguran di Surabaya bisa semakin berkurang,” pungkasnya. (Ita/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs