Sabtu, 20 April 2024

Calon Jemaah Haji Indonesia Mengaku Sangat Terbantu Oleh Petugas Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jamaah calon haji asal Embarkasi Padang (PDG) 1 saat bertemu dengan petugas haji di Mekkah. Foto: Antara

Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia menilai para petugas haji sangat membantu mereka dalam memberikan pelayanan pada musim ibadah haji 1443 H/2022 M.

“Saya kagum dengan petugas kita, petugas ini Madinah-Mekkah lengkap semua, di mana-mana ada,” kata Antoni Hasdi (60) calon haji dari Embarkasi Padang (PDG) 1 di Mekkah, Kamis (16/6/2022) dikutip Antara.

Antoni mengaku tidak melihat petugas haji dari negara lain. Sedangkan Indonesia, menerjunkan petugas haji yang bahkan tersedia posko baik di bandara saat kedatangan, di Madinah maupun di Mekkah.

“Malah petugas kita membantu jamaah negara lain yang saya lihat mereka kesulitan dengan pihak kepolisian, mereka yang bantu. Saya kagum itu,” tambah Antoni .

Antoni yang sudah menunggu 11 tahun untuk berhaji bersama istri, merasa terbantu karena petugas sigap dalam merespons dan melayani jemaah.

“Melihat adik kita yang muda-muda itu, dia bisa bahasa Arab juga, sehingga bisa nego juga dengan suatu negara yang mereka tidak paham sehingga mereka bantu. Inisiatif saya lihat, ini petugas kita tapi ini negara lain kok dia yang bantu tapi Alhamdulillah petugas kita bagus-bagus, jumlahnya sangat cukup,” ujar Antoni.

Sementara itu, Juniar dari Embarkasi PDG 1 juga menyatakan petugas haji sangat responsif, ramah, selalu senyum dan sapa.

“Aduh enak senang. Senang seperti ketemu dengan anak, rasanya kita tidak sendiri,” ujar Juniar.

Juniar juga mencontohkan petugas di lapangan yang memakai rompi hitam memberi tahu bus shalawat sesuai rute dari hotel ke Masjidil Haram, dan menginfokan jemaah bahwa bus siaga selama 24 jam.

“Kami juga tanya kalau kami pingin ke suatu tempat dan pingin diantar biar tahu jalan apa bisa, mereka bersedia mengantar. Jadi mereka menenangkan, kami merasakan manfaatnya,” katanya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs