Kamis, 25 April 2024

Kisah Haru Pak Holili, Tukang Becak Asal Sampang yang Meneruskan Mimpi Almarhum Istri Naik Haji

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan

Holili Addare Sae, tukang becak dari Jalan Permata, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang merasa beruntung karena terpilih menjadi salah satu tamu Allah yang akan menunaikan ibadah haji 1443 Hijriah tahun 2022 masehi melalui Embarkasi Surabaya.

Holili mengatakan selain karena memang mendapatkan panggilan dari Allah SWT, keberhasilannya mewujudkan mimpi untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5 ke Tanah Suci itu tidak terlepas dari peran almarhumah istrinya, Busideh.

“Terus terang kami hanya bekerja keras memeras keringat mengayuh becak setiap hari, tapi almarhum istri saya yang begitu telaten menyisihkan sedikit demi sedikit uang sisa dari kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Holili, dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (16/6/2022).

Tampak sekali guratan kesedihan yang mendalam di wajah Holili saat mengingat perjuangan almarhumah istrinya itu.

Sesekali Holili menyeka air mata yang jatuh dari kelopak matanya sembari terus menceritakan kisah almarhumah yang mengajak, menguatkan, dan meyakinkannya untuk mendaftar haji meski dengan kondisi ekonomi yang ala kadarnya.

“Penghasilan mbecak perhari hanya Rp30-50 ribu, itupun tidak menentu. Selain itu, saya juga bekerja sebagai kuli ikan dengan penghasilan yang tak seberapa. Istri saya rajin menabung mengumpulkan, dan dibelikan beberapa gram emas,” jelasnya.

Holili Addare Sae bersama becaknya, Foto: Doc AHES

Tiba di satu waktu, Holili dan istrinya mendapatkan rejeki arisan dan memutuskan untuk menjual semua barang-barang yang selama ini telah dikumpulkan untuk biaya pendaftaran haji. Mulanya Holili sempat ragu, namun sang istri kembali menguatkan dan meyakinkan.

“Saya dapat arisan dan ayo emas ini jual. Ayo daftar haji, tidak apa dengan niat, insyaAllah siapa tahu Allah mengasihani dan Allah cukupkan,” papar Holili mengenang ucapan mendiang istrinya.

Bermodal keyakinan, kedua pasangan suami istri itu mendaftar haji pada tahun 2011. Namun Allah berkendak lain, istrinya meninggal dunia pada tahun 2019 karena sakit, sebelum ia dihubungi pelunasan haji pada tahun 2020.

“Istri saya meninggal beberapa bulan sebelum penetapan, tahun 2020 dikonfirmasi berangkat, tapi karena pandemi jadi ditunda, dan alhamdulillah bisa berangkat tahun ini. Meski istri saya sudah meninggal, tapi niat saya tetap haji bersama istri,” ungkapnya.

Sepeninggal istrinya, Holili sempat menawarkan kedua anaknya untuk mengganti porsi haji sang istri, namun keduanya menolak dan Holili memilih mengambil tabungan haji almarhumah untuk dipergunakan sebagai biaya menghajikan mendiang istrinya di tanah suci.

“Uang tabungannya sampai saat ini masih utuh, saya titipkan agar tidak saya pergunakan. Uang itu untuk haji badal istri saya karena di tanah suci harus bayar orang untuk menghajikan. Mohon doa semoga saya dan istri dijadikan haji mabrur,” tutupnya.

Namun di tengah kebahagiaan yang dirasakan, Holili mengaku sedih dan bingung karena tidak memiliki sepersen pun uang untuk bekal ke Tanah Suci yang rencananya berangkat hari ini. Bahkan ia tidak bisa mendaftar ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di Sampang.

“Saya sudah tidak punya tabungan lagi, apalagi buat bekal untuk ikut jadi rombongan KBIH saja tidak mampu membayar,” terang Holili.

Atas izin Allah, salah satu KBIH di Sampang tergerak hatinya dan mengajak Holili bergabung dengan KBIH-nya tanpa dipungut biaya apapun.

Selama proses persiapan pemberangkatan, Holili mengaku selalu menggunakan becaknya setiap kali mengikuti pelatihan, manasik haji  dan mengurus persiapan lainnya. Karena becak itu satu-satunya kendaraan yang dimilikinya.(tha/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs