Sabtu, 20 April 2024

Cegah Genangan Air, Warga Panjang Jiwo Bersihkan Saluran 130 Meter

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga Panjang Jiwo RT 3 RW 1 waktu kerja bakti membersihkan endapan sedimen di saluran, Minggu (4/12/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sebagai upaya mencegah timbulnya genangan air di musim hujan, warga Panjang Jiwo RT 3 RW 1 menggelar kerja bakti membersihkan endapan sedimen dan sampah-sampah di saluran sepanjang 130 meter.

Saluran yang mengalir di sepanjang gang IV Panjang Jiwo itu menghasilkan 20-an tumpukan karung berisi endapan sedimen yang berhasil dibersihkan warga.

Dwi Isbiantoro Ketua RW 1 Panjang Jiwo mengatakan kerja bakti di kawasan itu sudah berlangsung sejak tujuh yang lalu setiap satu bulan sekali.

“Karena setiap tahun atau bulan terjadi endapan. Apalagi kita menghadapi musim penghujan agar tidak terjadi banjir,” kata Dwi waktu ditemui di tengah kerja bakti, Minggu (4/12/2022).

Dwi mengatakan untuk mengajak para warga kerja bakti hanya cukup melalui pesan di grup WhatsApp dan pengumuman lewat sound system mushola.

Menurut Dwi, warga Panjang Jiwo sejak dulu memang antusias dalam menjaga lingkungan terutama dalam hal kerja bakti bersama-sama.

Melalui program Surabaya Bergerak ini, Dwi mengaku banyak terbantu, lantaran Pemerintah Kota Surabaya ikut memberikan bantuan berupa karung dan truk pengangkut hasil sampah kerja bakti.

Warga Panjang Jiwo RT 3 RW 1 menumpuk karung hasil kerja bakti membersihkan endapan sedimen saluran, Minggu (4/12/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

“Kalau dulu hasil kerja bakti bisa menandon sampai berhari-hari, sekarang sudah langsung diangkut sama truk dari Pemkot,” katanya.

Dwi dan warga sekitar menyebut adanya kerja bakti ini bisa menjaga lingkungan kampung agar tetap bersih dan nyaman untuk ditempati. Ditambah dengan bantuan Pemkot Surabaya untuk ketersediaan karung dan truk pengangkut.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City, dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer maupun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(wld/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs