Rabu, 24 April 2024

Cuaca Hari Ini di Wilayah Jawa Timur, Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klomatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini pada Sabtu (26/3/2022).

Dalam informasi tertulisnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir akan mengguyur sebagian wilayah di Jawa Timur, antara lain:

Pada pagi hari, hujan akan mengguyur 3 wilayah di Jawa timur, yaitu Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo.

Sementara untuk siang sampai dengan sore hari, hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Malang, Madiun, Kediri, Batu, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sampang.

Pada malam hari, Hujan diperkirakan hanya akan mengguyur tiga wilayah, yakni Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, dan Sumenep.

Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sampang.

Di Jawa Timur, suhu udara akan mencapai 14 – 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 – 100 persen. Angin akan dominan berhembus dari Barat daya ke arah Barat, dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara itu BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Jatim sebagai berikut:

Peringatan dini cuaca di Jawa Timur, Sabtu (26/3/2022). Foto : BMKG Juanda

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada, Sabtu (26/3/2022) terdapat potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah perairan di Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Barat Daya – Utara, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 15 knots (28 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 10 knots (19 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 m dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur antara 1.0-2.3 m.

Belum terdapat potensi gelombang tinggi di sekitaran wilayah perairan Jawa Timur. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs